Home » » Predikat Minapolitan Menguntungkan

Predikat Minapolitan Menguntungkan

Written By Ikhsan Firdaus on Friday, February 22, 2013 | 2/22/2013

Senin, 18 Februari 2013
KOTABARU – Kotabaru adalah salah satu dari 200 kota kabupaten yang menjadi kota minapolitan di Indonesia. Di Kalsel, hanya Kotabaru yang meraih predikat itu. Sekadar diketahui, kota minapolitan sendiri adalah kota bisnis yang berbasis perikanan dan kelautan.
Dimana pemerintah pusat memberikan harapan kepada Kotabaru agar bisa memaksimalkan potensi kelautan dan perikanannya,  sehingga bisa membangkitkan pertumbuhan ekonomi, baik sekala lokal atau nasional. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kotabaru, Ir Talib MAP mengemukakan, tidak kurang miliaran rupiah, bahkan hingga mencapai angka triliun dana bantuan dari pusat yang dikucurkan ke Kotabaru.
"Keuntungan menjadi kota minapolitan,  kita memang akan diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan," katanya. Dia mengaku, bantuan tersebut terdistribusi dengan baik di 21 kecamatan yang ada di Kotabaru. Mulai dari nelayan tangkap, budidaya, dan pengolahan.
Meski demikian, dia mengatakan apa yang diharapkan belum mencapai hasil yang maksimal. Menurutnya, untuk mengembangkan kota bisnis minapolitan, bukan hanya soal dana bantuan kepada nelayan, tapi semua sektor dan kebijakan harus mendukung ke arah tercapainya tujuan kota minapolitan tersebut.
"Pelabuhan harus kita perbanyak. Tempat pabrik dan pengolahan ikan juga perlu ditingkatkan. Pasokan listrik untuk warga berkegiatan perlu yang maksimal. Dan solar sebagai alat gerak nelayan kita perlu pendistribusian yang cukup. Banyak yang perlu dimaksimalkan kalau kota minapolitan mau jalan," ujarnya.
Diakuinya, Kotabaru kaya akan hasil lautnya dan berada di jalur lintas strategis di kepulauan Indonesia.
Sehingga dia berharap, semua lini baik daerah dan pusat perlu bekerjasama mengembangkan kawasan minapolitan hingg bukan hanya menjadi predikat tapi juga menjadi kenyataan yang bisa dinikmati dan dibanggakan.
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger