Home » » Alat Baru Bagang Diujicoba

Alat Baru Bagang Diujicoba

Written By Ikhsan Firdaus on Friday, February 22, 2013 | 2/22/2013

Jumat, 15 Februari 2013
KOTABARU – Peningkatan pendapatan nelayan bisa meningkat dengan cara memanfaatkan teknologi baru. Kalau selama ini mereka menggunakan lampu sorot dari atas bagang untuk menarik ikan agar berkumpul, sekarang sudah ada alat yang mampu menyalakan lampu dalam air dengan harapan ikan akan semakin banyak berkumpul.
 
Alat tersebut dinamakan Lacuba (lampu celup bawah laut). Lampu ini bisa menyala di bawah laut dengan kedalaman hingga 15 meter dengan menggunakan daya sebesar 12 volt bersumber dari accu. Lampu ini bisa bertahan selama 8 hingga 10 bulan dipakai. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir Talib MAP belum lama ini.
 
"Ada lampu yang mampu dicelupkan ke dalam air laut, harga satu buah lampu sekitar Rp200 ribu. Itu sudah kita belikan kepada beberapa nelayan di Sarangtiung (kecamatan Pulau Laut Utara) dan sedang dicoba," ujarnya. Menurutnya, teknik itu sudah dicoba sebagian nelayan di Jawa dan hasilnya memuaskan. Dia mengatakan, peningkatan hasil tangkap para nelayan bisa mencapai hingga 2 kali lipat dalam semalam.
 
"Baru saja kita coba, dan sedang kita pelajari bagaimana hasilnya. Saya sedang menugaskan anak buah saya ke sana untuk mengambil data bagaimana hasilnya para nelayan yang menggunakan alat baru itu. Kalau memang bagus, nanti kita akan bantu para nelayan bagang agar menggunakan alat itu," kata Talib ketika ditanya bagaimana hasil pemanfaatan alat baru itu kepada para nelayan di Sarangtiung.
 
Cuma ada satu kendala, kata Talib kemudian, para nelayan Kotabaru biasanya tidak terbiasa dengan perubahan. Mereka kadang sulit menerima perubahan baru didalam kegiatan melaut mereka.
 
"Tapi itu sudah biasa dalam menghadapi nelayan memang begitu. Dulu juga mereka ngotot tetap menggunakan lampu strongkeng, tapi setelah kita terus tekankan murahnya menggunakan genset, dan lama kelamaan mereka sekarang semua sudah menggunakan genset," ungkapnya.
 http://www.radarbanjarmasin.co.id/
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger