Home » » Program Subsidi Rumah Kurang Pro-Rakyat Miskin

Program Subsidi Rumah Kurang Pro-Rakyat Miskin

Written By Unknown on Saturday, December 15, 2012 | 12/15/2012

Ilustrasi: GettyImages.com
Ilustrasi: GettyImages.com

Achmad Adhito Hatanto
Bila disalurkan via KPR, berarti pemerintah membuat transaksi dengan masyarakat miskin.
JAKARTA, Jaringnews.com – Program subsidi rumah yang selama ini dijalankan Pemerintah RI masih kurang pro-masyarakat berpenghasilan rendah. Sebab, selama ini, subsidi yang langsung diberikan kepada masyarakat tersebut nilainya jauh lebih kecil daripada yang melalui KPR (kredit pemilikan rumah). Muhammad Joni, seorang pengacara, mengatakan hal itu dalam percakapan melalui surat elektronik dengan Jaringnews.com.
Joni mengatakan bahwa, saat ini, jumlah masyarakat miskin mencapai sekitar 50 juta orang. Dan kepada merekalah seharusnya subsidi perumahan langsung diberikan.
Sekarang, kata kuasa hukum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia itu, porsi dana pemerintah yang disalurkan melalui KPR (kredit pemilikan rumah) dengan skema FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembangunan Perumahan), jauh lebih besar daripada subsidi langsung.
“Untuk tahun ini, nilai FLPP sekitar Rp 7 triliun. Gabungan antara anggaran tahun ini dengan sisa tahun lalu. Sementara, dana untuk pengadaan rumah swadaya tidak sebesar itu, bukan?”
Ujar Joni, itu merupakan sebuah ironi. Sebab, bila dana yang diberikan pemerintah lebih banyak melalui KPR, berarti pemerintah sedang berbisnis dengan masyarakat berpenghasilan rendah. “Bukankah dalam KPR FLPP, bank BUMN (badan usaha milik negara) mendapatkan bunga dari masyarakat berpenghasilan rendah?”
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger