Home » » Era Baru Ekspor Kotabaru

Era Baru Ekspor Kotabaru

Written By Ikhsan Firdaus on Tuesday, December 11, 2012 | 12/11/2012

KOTABARU - Era baru ekspor di Kotabaru benar-benar sudah dimulai. Rabu kemarin (05/12),  Dinas Perdagangan Industri, Usaha Kecil Menengah dan Koperasi bersama Kementerian Perdagangan mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Sistem Pelayaran Penertiban Surat Keterangan Asal (SKA) Mandiri secara Elektronik Tahun 2012.
Kepala Dinas Perdagangan Kotabaru, Drs Mahyudiansnyah MAP mengatakan,  kegiatan tersebut adalah untuk menjelaskan kepada para eksportir,  baik perusahaan atau individu, kalau sekarang di Kotabaru sudah bisa mengurus masalah izin melakukan kegiatan ekspor dengan sistem online.

“Ini kami sosialisasikan, agar para perusahaan dan pelaku eksportir lainnya mengerti kalau sekarang lebih mudah dalam mengurus perizinan dan sebagainya,” katanya. Selain itu, tambah Mahyudiansyah, dengan sistem online maka data-data barang yang diekspor akan mudah diverifikasi.
“Dengan online maka Kementerian Perdagangan juga mudah melakukan pengawasan secara online dan terus-menerus, karena apapun kegiatan di online akan terpantau oleh pusat,” tambahnya. Saat acara bimbingan tersebut berbagai pihak dari perusahaan-perusahaan besar hadir di Kotabaru, mereka terlihat antusias melakukan dialog dengan Kementerian Perdagangan yang diwakili Direktorat Fasilitasi Ekspor Impor, Jayusman.
Karena meski, perusahaan-perusahaan yang didominasi pertambangan ini sudah mendapatkan izin dari pusat, tetapi SKA Barang tetap harus dimiliki. Bupati H Irhami Ridjani juga sudah memberikan surat edaran kepada perusahaan-perusahaan di Kotabaru, mulai sekarang perusahaan yang melakukan kegiatan ekspor menerbitkan SKA-nya di Kotabaru.

Itu didukung dengan tandatangan Mahyudiansyah yang sudah diverifkasi di 60 negara importir. Jayusman dalam penjelasannya mengatakan, Kotabaru adalah salah satu dari 86 kabupaten di seluruh Indonesia yang ditunjuk pusat untuk memberikan surat SKA. Dari itu, imbaunya, hal ini benar-benar harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menumbuh kembangkan aspek perdagangan di Kotabaru.
“Kami memang berharap demikian, tidak saja ekspor batubara dan perkebunan yang jalan, tapi ekspor lainnya juga tumbuh dan berkembang. Kami sangat ingin melihat pengusaha lokal bisa melihat peluang ini. Banyak yang  bisa diekspor mulai dari sarang burung walet, hingga madu di daerah kita. Ini akan menimbulkan efek domino yang sangat menguntungkan warga,” beber Mahyudiansyah.
Ketika disampaikan di kalangan pengusaha asal Kotabaru, beberapa diantaranya mengaku baru mengetahui tentang ini, namun mereka menyambut dengan antusias. “Wah, kalau begitu pengusaha lokal sudah bisa melakukan kegiatan ekspor dengan mudah dari Kotabaru, tinggal cari komoditas yang tepat, dan peluang pasarnya di dunia,” kata H Baderuddin, salah satu pengusaha di bidang perikanan dan kelautan.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil
Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
“ppob /online nasional”
Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
Seperti listrik,tiket pesawat, tiket ka ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance, dll secara mudah, murah namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
Hanya bermodal ‘rp.100.000,’
info lengkap Hubungi : www.fastpaynasional.com
Hp:081335640101

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger