Home » , » Bus Trans Banjar Jalan 2015

Bus Trans Banjar Jalan 2015

Written By Ikhsan Firdaus on Tuesday, December 11, 2012 | 12/11/2012

BANJARMASIN – Masyarakat Kalsel yang sering bepergian ke Jakarta tentu mengenal angkutan yang bernama Trans Jakarta. Ya, angkutan massal yang mengadopsi konsep transportasi serupa di Kolombia itu ternyata juga bakal hadir di Kalsel. Nama angkutannya adalah Trans Banjar Bakula. Rencananya, angkutan tersebut akan beroperasi mulai 2015 mendatang.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalsel Suriatinah mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang melakukan studi tahap akhir mengenai Trans Banjar Bakula. Adanya angkutan massal jenis bus ini adalah untuk menyiapkan pelayanan transportasi massal bagi masyarakat.

“Berdasarkan kajian yang sudah dilakukan dalam beberapa tahap, angkutan massal seperti Trans Jakarta sangat memungkinkan untuk diterapkan di Kalsel,” kata Suriatinah yang ditemui usai ekspose  laporan akhir studi pengembangan angkutan massal yang berlangsung di Ruang Haram Manyarah Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin kemarin.
Rencananya, Trans Banjar Bakula akan mulai beroperasi 2015 mendatang. Setelah tahap penelitian selesai, Balitbangda Provinsi Kalsel akan segera membuat detail engineering desain (DED).
Soal rute, Suriatinah menjelaskan bahwa fokus Trans Banjar Bakula adalah melayani lima daerah yang masuk dalam konsep metropolitan baru yakni Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, sebagian Barito Kuala, dan sebagian Tanah Laut. Khusus untuk tahap awal, rute akan difokuskan melayani jalur utama Banjarmasin-Banjarbaru-Martapura.

Ada tiga koridor yang akan diprioritaskan pada tahap awal Trans Banjar Bakula. Koridor pertama adalah Kantor Gubernur Banjarmasin – Jl. Sudirman – Jl. Pierre Tendean – Jl. A Yani Kota Banjarmasin – Gambut –Terminal Km 17. Koridor kedua adalah Bandar - Jl. A. Yani - Terminal Km. 17 sedangkan koridor tiga adalah rute Terminal Km 17 – Jl. A. Yani –Landasan Ulin – Jl. Palam – Jl. Trikora– Jl. Mistar Cokrokusumo – Terminal C Banjarbaru – Terminal Martapura kota.
Rencananya tarif jauh dekat menggunakan Trans Banjar Bakula ditetapkan Rp3.500.  Jumlah bus yang disediakan untuk tahap awal berjumlah 20 buah. Kasubag Program Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Kalsel Mulyadi menambahkan, Kalsel saat ini membutuhkan angkutan umum massal yang layak, aman, dan nyaman.
Mengapa? Karena Kalsel saat ini telah berkembang menjadi daerah yang maju. Syarat daerah yang maju adalah memiliki transportasi umum yang modern seperti Trans Jakarta. Di daerah lain, konsep angkutan umum massal sukses mengurangi kepadatan lalu lintas khususnya penggunaan kendaraan pribadi. Salah satu daerah yang sukses dengan konsep tersebut adalah Palembang.
“Palembang sekarang berkembang besar, penggunaan mobil pribadi semakin berkurang dan angkutan umum massalnya bertambah,” terang Mulyadi. Menurut Mulyadi, Trans Banjar Bakula diharapkan menjadi solusi semakin berkurangnya penumpang angkutan umum di Kalsel. Penyebab dari berkurangnya penumpang adalah akibat dari tidak layaknya angkutan umum yang ada.
“Jumlah angkot 1.000 lebih tapi yang operasi sangat sedikit. Penumpang malas naik angkutan umum karena waktu tunggunya sangat lama akhirnya mereka pakai mobil atau motor pribadi agar cepat sampai tujuan,” cetusnya.

Bagaimana dengan nasib para supir dan angkutan umum mereka jika Trans Banjar Bakula beroperasi? Mulyadi menjelaskan bahwa angkutan umum lain masih akan tetap dipertahankan namun fungsinya akan berubah. Misalnya angkutan yang semula menangani rute Banjarmasin-Martapura akan berubah fungsi menjadi feeder atau angkutan pengumpan saja.
“Justru angkutan umum sekarang akan bisa lebih banyak penumpang lagi sehingga supir dan pengusaha tetap bisa punya penghasilan,” pungkasnya.
Solusi Kemacetan
Team Leader Penelitian Bus Rapid Transit (BRT) Banjar Bakula Andi Rahmah menilai, Trans Banjar Bakula adalah solusi jangka panjang dari kemacetan yang mulai terasa di Banjarmasin dan sekitarnya. Menurut dia, kemacetan tersebut ibarat bom waktu dan harus segera dicarikan solusinya sebelum semakin parah.
“Dengan konsep metropolitan Banjar Bakula ini kan kota metropolitan baru, pasti ke depan penyakit macet akan semakin parah makanya harus diobati sebelum stadium akhir,” cetus Andi, Diterangkan Andi, kondisi kemacetan di Banjarmasin masih belum terlalu parah. Volume kendaraan yang berada di jalan raya juga belum sebanyak di kota besar lainnya seperti Jakarta.
Sayangnya, jumlah kendaraan pribadi di Kalsel semakin banyak tiap tahun. Jika tidak dicarikan Solusinya, ujar Andi, maka kemacetan di Banjarmasin bakal semakin parah.
“Kalau di Jakarta macet ada alternatifnya seperti naik kereta listrik tapi kalau di sini macet ya sudah, tidak ada alternatif. Makanya hal ini jangan sampai terjadi,” terangnya. Tenaga Ahli Transportasi yang juga ikut ambil bagian dalam proyek Trans Jakarta ini menilai, kondisi transportasi di Kalsel terkesan sengaja diciptakan untuk tergantung dengan mobil pribadi.

Pemerintah daerah tidak menyediakan transportasi yang membuat warganya ingin naik transportasi umum. Transportasi yang tersedia sangat buruk sehingga masyarakat cenderung memilih menggunakan kendaraan pribadi.  “Padahal syarat kota modern adalah tulang punggungnya ada transportasi umum,” cetusnya.
Nantinya, Trans Banjar Bakula akan dikelola oleh BUMD yakni PD Bangun Banua. BUMD tersebut sesuai tugas pokok dan fungsinya adalah mengelola aset daerah. “Saya yakin usaha transportasi semacam ini sangat menguntungkan, akan banyak dampak positifnya bagi daerah dan terutama masyarakat,” ujarnya.
Menurut Andi, Palembang adalah termasuk salah satu kota yang sukses mengembangkan BRT. Tim sendiri banyak mengadopsi kesuksesan kota yang dikenal dengan Jembatan Ampera tersebut. “Awalnya Palembang hanya 15 bus sekarang menjadi 120 bus dalam 2 tahun saja,” pungkasnya.
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger