Home » , » Perlukah UU Pengadaan Barang dan Jasa

Perlukah UU Pengadaan Barang dan Jasa

Written By Ikhsan Firdaus on Sunday, December 30, 2012 | 12/30/2012

BANDA ACEH - Wakil Ketua Komisi III DPR, Nasir Djami menyatakan, Indonesia saat ini membutuhkah undang-undang yang mengatur pengadaan barang dan jasa. Pasalnya, sektor ini merupakan wilayah yang subur terjadinya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

"Masalah pengadaan barang dan jasa sebenarnya harus ada undang-undang yang mengatur, harus masuk dalam konstitusi tidak cukup dengan peraturan presiden saja," kata Nasir dalam sebuah diskusi di Sekolah Antikorupsi Gerak Aceh di Banda Aceh, Jumat (5/10/2012).

Menurutnya, UU Pengadaan Barang dan Jasa saat ini lebih dibutuhkan ketimbang UU Pramuka. "Pramuka itu tidak ada UU pun bisa jalan, tapi pengadaan barang dan jasa kalau tidak diatur secara eksplisit dalam UU sangat rentan dimanfaatkan," ujar dia.

Nasir mengatakan, setiap tahun sekitar 30 persen kebocoran anggaran negara terjadi pada sektor pengadaan barang dan jasa. Sektor ini juga masuk dalam 10 wilayah paling rentan korupsi yang dipetakan KPK, Kejaksaan dan Polri.

Beberapa negara seperti Afrika Selatan sudah memasukkan pengadaan barang dan jasa ini ke dalam konstitusi. Sementara di Indonesia upaya itu belum dilakukan karena ada pihak-pihak yang ingin memanfaatkan kelemahan ini untuk melakukan korupsi.

RUU pengadaan barang dan jasa pernah masuk ke DPR namun tidak begitu mendapat perhatian khusus dari legislatif. Nasir menilai hal ini tak terlepas dari kepentingan politis yang menjadi sektor tersebut sebagai lahan subur untuk mendapatkan uang.

Disisi lain, Nasir menyebutkan korupsi di Indonesia kini semakin canggih dan politis, bahkan lebih politis dari politik itu sendiri. Korupsi dilakukan dengan cara memanfaatkan celah hukum. "Jadi penegak hukum harus lebih pintar," sebutnya.
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger