Home » » Pemerintah Jepang Tertarik Konsep Pembangunan Makassar

Pemerintah Jepang Tertarik Konsep Pembangunan Makassar

Written By Unknown on Sunday, November 25, 2012 | 11/25/2012

Makassar (ANTARA News) - Tim Pemerintah Kota Yokohama, Jepang menyatakan ketertarikan pada konsep pembangunan yang semakin pesat di Kota Makassar.

"Kami banyak mendengar keberhasilan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin menjalankan pembangunan secara sistimatis di Kota Makassar. Ini yang membuat kami tertarik untuk berbagi pengalaman," kata Direktur Kerjasama Internasional Yokohama Partnership of Resources and Technology (Y-PORT) Kimihiro Kuromizu di Makassar, Senin.

Sementara, Asisten Manager Divisi Kerjasama Teknis Hubungan Internasional Yasuaki Nakamura menambahkan, Kota Makassar dan Yokohama sedikit mempunyai kesamaan tata letak kota dan berpotensi sama. untuk itu pihaknya bermaksud melakukan kerjasama kemitraan.
"Ada ikatan emosional dan hubungan erat antara Pemerintah Yokohama dan Pemeritah Kota Makassar, untuk itu kita akan membangun kerjasama kemitraan," ujarnya.  
Menurutnya, Kota Yokohama selama tiga tahun terakhir telah mendapat pengakuan sebagai kota terbaik dan ternyaman di dunia. Kendati demikian, kata Yasuaki, Kota Yokohama mengalami pertumbuhan penduduk semakin pesat serta kemajuan pembangunan.

Hal itu tentu saja menimbulkan masalah, baik itu kemacetan, sampah hingga air bersih.

Dalam pertemuan di kantor Balai Kota Makasar, Pemerintah Kota Yokohama berbagi pengalaman dalam mengatasi berbagai permasalah perkotaan yang muncul disebabkan laju pembangunan.
Hadir dalam pertemuan itu, Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, Asisten II Ruslan Abu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Muhammad Kasim, serta Kepala Dinas Prasarana Umum Muhammad Anshar.
Dari pihak Pemkot Yokohama Direktur Kerjasama Internasional Y-PORT Kimihiro Kuromizu, Manager Divisi Desain Pengelolaan Limbah Orii Ryoichiro, Asisten Manager Divisi Kerjasama Teknis Hubungan Internasional Yasuaki Nakamura. Hadir pula dari Lembaga Donor JICA Jepang, Inaba Makoto serta Kuramizu.

Mengatasi masalah perkotaan, sambung Inaba Makoto, bukan sesuatu yang gampang, karena berbagai masalah akan timbul di kotanya dan memerlukan waktu 40 tahun dalam mengatasinya secara profesional.
Konsep pembangunan Kota Yokohama, lanjutnya, memiliki kemiripan dengan Kota Makassar seperti perpaduan antara pembangunan tradisi dan teknologi. Melalui kerjasama teknologi dengan kota-kota lain di dunia, Yokohama berhasil mengatasi masalah penduduk yang pesat.
Pada kesempatan itu Ilham menuturkan, Makassar memiliki karakter yang hampir sama dengan Yokohama. Ia juga mengapresiasi penawaran rencana kerjasama yang ditawarkan Pemkot Yokohama untuk membangun Makassar dimasa mendatang.  
''Yokohama merupakan kota dunia dan telah beberapa kali dilakukan pertemuan internasional, penghargaan seperti World City Summit, telah didapatkannya serta pengakuan dunia. Keberhasilan menciptakan kota yang nyaman terdorong dari lingkungan tertata dengan baik sehingga itu mempengaruhi perilaku manusianya'', ucapnya  
Pihak Pemkot Yokohama memberikan apresiasi penuh kepada Ilham Arief Sirajuddin serta berharap menghadiri undangan ke Jepang guna pertemuan antara pemimpin yang dinilai berpotensi menyadang kota dunia.
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger