Home » » Pembangunan 15 Bandara Baru di mulai Tahun 2013

Pembangunan 15 Bandara Baru di mulai Tahun 2013

Written By Unknown on Monday, November 26, 2012 | 11/26/2012

Rencana Pembangunan 15 Bandara Baru Paling Banyak di Indonesia Timur

Jakarta - Rencana pemerintah membangun 15 bandara baru mulai 2013 akan diprioritaskan untuk wilayah Indonesia Timur. Bandara baru itu akan dibuat di Papua, Nusa Tenggara Timur (NTT), termasuk sebagian kecil di wilayah barat.

"Tersebar di seluruh Indonesia, tapi lebih banyak di timur," kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis malam (16/8/2012)

Mangindaan menjelaskan, 15 bandara baru itu umumnya dikerjakan dengan anggaran multiyears yang dimulai tahun depan. Ia mengakui sebagian kecil bandara itu sudah mulai dikerjakan.

"NTT, Papua ada, barat ke timur. Tahun sebelumnya kan banyak di barat, 2013 masih ada baratnya juga. Bengkulu, kepulauan Riau, karena kita harus hubungkan semua pulau. Sementara darat belum menghubungkan, kita hubungkan lewat udara," katanya.

Menurutnya, pembangunan bandara-bandara ini akan bekerjasama dengan pemerintah daerah. Bandara-bandara baru ini umumnya bandara untuk penerbangan perintis.

"Yang pasti begini runway-nya harus panjang berapa, cukup 1.200 meter, cukup 1.400 meter, itu untuk penerbangan perintis dulu. Yang penting kita buka dulu jangan ragu ragu demi untuk keterhubungan satu dan yang lain," katanya.

Sebelumnya Presiden SBY Pemerintah berjanji menggenjot pembangunan infrastruktur tahun depan. Anggaran infrastruktur di 2013 bakal digunakan antara lain untuk membangun 15 bandara baru.

"Pada bidang transportasi udara, untuk mendukung keterhubungan antarwilayah (domestic connectivity), kita arahkan pemanfaatan anggaran infrastruktur untuk membiayai pembangunan 15 bandar udara baru, serta pengembangan dan rehabilitasi sekitar 120 bandar udara," tegas SBY.
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger