Home » , » Desain Pasar Modern Kalisat - Jember

Desain Pasar Modern Kalisat - Jember

Written By Ikhsan Firdaus on Monday, November 26, 2012 | 11/26/2012

Lokasi Proyek :. Kecamatan Kalisat, Jember
Gaya Arsitektur :. Modern
Jumlah Kios :. 800 unit
Luas Lahan :. 16.130 m2

Ini adalah proyek perencanaan renovasi pasar lama, awalnya merupakan pasar tradisional, karena sering kebakaran maka kemudian didesain ulang dan diperluas arealnya sehingga menjadi pasar tradisonal dengan konsep modern.
Pasar tradisional dengan konsep modern bukan berarti sama dengan supermarket atau swalayan, jadi sistemnya masih tetap sama dengan pasar tradisional, namun bangunannya yang didesain dengan konsep modern. Pasar Modern ini akan menghasilkan pasar tradisional yang terkesan bersih dan tidak berbau seperti halnya di pasar tradisional, tidak becek dan tidak kumuh. Pembeli dan penjual masih tetap dapat berjumpa dan melakukan tawar-menawar ataupun bersilaturahmi, karena kita juga pasti tau ikatan penjual di pasar tradisional sangat erat dengan langganannya. Sistem drainasenya ditata dengan baik, kemudian didesain agar pemeliharaannya juga mudah.
Dalam perencanaan awal yang perlu diperhatikan adalah Layout, tujuannya yaitu memberikan kenyamanan terutama pada alur sirkulasi, baik sirkulasi bagi orang maupun kendaraan. Pasar harus dibuat hidup, dan hidupnya ditandai dengan alur sirkulasi yang berjalan dengan baik, setiap sudut pasar harus mudah ditempuh / dituju, sehingga bisa dibilang setiap toko / kios pasti dilewati oleh pengunjung / calon pembeli, jadi setiap sisi pasar harus mampu menyerap kedatangan pengunjung. Pada umumnya pedagang pasti memilih kios yang di depan karena posisi tersebut pasti paling sering dilewati oleh calon pembeli, jadi bagaimana caranya membuat muka pasar menjadi lebih banyak, caranya yaitu dengan membuat jalan keliling pasar beserta tempat parkirnya, ini akan membuat seluruh muka pasar menjadi yang terdepan, jalan keliling inipun akan memudahkan mobil pemadam kebakaran untuk menjangkau seluruh bagian bangunan jika nantinya terjadi kebakaran. Jalan masuk ke dalam pasar juga dibuat cukup atau lebih banyak, sehingga dapat dimasuki dari segala arah, atau jika ada kebakaran maka tersedia cukup jalan untuk melarikan diri ke luar bangunan.
Atap bangunan yang dibuat satu-kesatuan dan bebas kolom akan membuat sirkulasi di dalam bangunan lebih leluasa, namun tidak lupa memberi jalur sirkulasi udara pada atap juga memberi ruang pada atap untuk pencahayaan alami, bisa dengan mengganti sebagian bahan atap dengan yang lebih transparan. Lantai yang dilapis bahan keramik membuatnya mudah dibersihkan, begitupun meja-meja kios / los dipasangi keramik juga agar mudah dibersihkan dan lebih awet.
Jalan utama dipisahkan dengan jalan milik pasar, supaya tidak terjadi kemacetan di jalan utama, ruang parkir yang cukup di areal pasar juga sangat penting untuk menjaga kelancaran sirkulasi kendaraan.
Dengan berbekal konsep di atas, maka dihasilkan desain Pasar Modern Kalisat sebagai berikut:
Entrance Area :
eksisting pasar kalisat - area masuk (entrance)
Eksisting
Pasar Kalisat_09 (2009.05.23) - entrance area
Hasil Desain
Daerah Pertigaan 1 :

eksisting pasar kalisat pertigaan1
Eksisting
Pasar Kalisat_05 (2009.05.23)
Hasil Desain
Daerah Pertigaan 2 :

eksisting pasar kalisat pertigaan2
Eksisting
Pasar Kalisat_11 (2009.05.23)
Hasil Desain
Exit Area :

eksisting pasar kalisat - area keluar (exit)
Eksisting
Pasar Kalisat_12 (2009.05.23) - exit areaHasil Desain
Icon Pasar :
Papan nama pasar bisa jadi sebagai icon pasar, letaknya diantara 2 bangunan utama pasar. Karena pasar ini lumayan besar dan juga mempunyai 2 jenis kios yang berbeda, yaitu Los Basah dan Los Kering maka perlu dipisah dengan jelas areanya, sehingga tercipta barier ditengahnya yang juga berfungsi sebagai double way.

Pasar Kalisat_10 (2009.05.23) Pasar Kalisat_13 (2009.05.23) - gerbang
Pasar Kalisat_08 (2009.05.23)
Begitupun jalan-jalan masuk ke dalam bangunan pasar juga dibuat berbeda, ini juga merupakan icon atau penanda bagi fungsinya.
Kantor Pasar :

Pasar Kalisat_14 (2009.05.23) - kantor pengelola
Pasar Kalisat_15 (2009.05.23) - kantor pengelola
Los Basah :
Pasar Kalisat_16 (2009.05.23) - los basah
Los Kering / Kios :


Pasar Kalisat_18 (2009.05.23) - kios

sumber http://www.arsiteka.com/
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger