Home » » Bantuan Desalinator, alat pengolah air asin menjadi tawar untuk Kotabaru

Bantuan Desalinator, alat pengolah air asin menjadi tawar untuk Kotabaru

Written By Ikhsan Firdaus on Sunday, November 25, 2012 | 11/25/2012

KOTABARU - Tidak lama lagi masyarakat desa Marabatuan kecamatan Pulau Sembilan tidak kesulitan lagi mendapatkan air tawar. Pasalnya, sebuah alat pembuat air laut menjadi air tawar akan didatangkan Kementerian Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia bulan Desember ini.
Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kotabaru, Ir Talib MAP kepada Radar Banjarmasin, Selasa kemarin. “Insya Allah, bulan Desember ini akan datang alat pengolah air asin menjadi air tawar itu buat warga. Bagaimana pun selama ini warga di sana sangat kesulitan mendapatkan air tawar,” katanya.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, Pemkab Kotabaru telah lama meminta alat pengubah air asin menjadi air tawar yang bernama desalinator. Ada 5 buah yang diminta oleh Pemkab, tetapi baru satu yang akan diberikan oleh pusat. Rencananya pada tahun depan, daerah kepulauan akan mendapatkan lagi desalinator tersebut.
Satu buah alat itu sendiri harganya mencapai Rp1,5 miliar dan mampu mengolah 10 ton air bersih per hari. Dengan kapasitas sebanyak itu, Talib berkeyakinan warga di kepulauan akan mendapatkan pasokan yang cukup untuk sekadar konsumsi.

“Katanya, tahun depan kita akan mendapatkan tambahan alat tersebut. Kalau memang nanti kita mendapatkan sebanyak 5 buah, maka beberapa diantaranya akan kita jadikan sebagai pemasok bahan baku pembuatan es batu. Warga kepulauan juga memerlukan air bersih untuk membuat es, bahan pembekuan ikan-ikan hasil tangkapan nelayan,” katanya. (zal)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

assalamualaikum, mantab

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger