Home » » PT. Arutmin dan PT Golden Hope Bangun SPAM di Kotabaru, Kalsel

PT. Arutmin dan PT Golden Hope Bangun SPAM di Kotabaru, Kalsel

Written By Unknown on Wednesday, September 26, 2012 | 9/26/2012



Bupati Kotabaru Irham Ridjani (kanan) sedang memberi pengarahan di lokasi peninjauan, didampingi Kepala Bappeda (tengah)
dan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kotabaru, Akhmad Rivai

Pada rapat koordinasi itu, hadir pejabat terkait dan perwakilan dari beberapa perusahaan yang terlibat dalam program kemitraan tersebut, yaitu Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Pemkab Kotabaru Akhmad Rivai, Direktur PDAM Kab. Kotabaru Zulkifli AR, Kepala Bappeda Kabupaten Kotabaru, tim CSR dari PT. ITP Tarjun, PT. Golden Hope Nusantara, dan PT. Arutmin site Senakin , Tim Konsultan PT. Infratama Yakti sebagai konsultan yang ditunjuk Direktorat Pengembangan Air Minum (Dit. PAM) untuk menyiapkan pembiayaan pengembangan SPAM melalui CSR, perwakilan dari Dit. PAM, dan perwakilan dari SKPD di kecamatan lokasi perusahaan-perusahaan tersebut.
Slamet Haryanto (Konsultan PT. Infratama Yakti/kanan) saat mendiskusikan rencana kegiatan CSR PT Arutmin Senakin di depan Burhanuddin (tengah), Kepala CSR PT Arutmin Senakin dan staf serta rombongan survey lainnya.Beberapa dari anggota tim survey di lokasi sumber air CSR PT Arutmin Senakin. Dari kanan ke kiri:Akhmad Rivai (Kadin Cipta Karya & Tata Ruang Kab. Kotabaru, seorang stafnya, Rusdi (Tim CSR PT arutmin Senakin), dan Hapizi (Perwakilan PDAM Kotabaru).
Selepas rapat koordinasi selama kurang lebih dua jam di Operation Room Kantor Bupati Kotabaru, Bupati dan rombongan kemudian mengunjungi lokasi pembangunan SPAM yang didanai dana CSR dari PT Golden Hope Nusantara. Pada esok harinya, tim dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kotabaru, Tim Konsultan PT. Infratama Yakti, perwakilan dari Dit. PAM, dan perwakilan dari PDAM Kabupaten Kotabaru mengunjungi lokasi sumber air yang akan dipakai program CSR PT. Arutmin Site Senakin.
Menurut Bupati Irhami Ridjani , kerja sama perusahaan dan Pemkab Kota Baru melalui program kemitraan perusahaan sangat penting artinya bagi kemajuan masyarakat di sekitar lokasi perusahaan, karena selain akan membantu masyarakat dalam penyediaan air minum, juga menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kepedulian terhadap masyarakat di sekitarnya.
“Program kemitraan perusahaan (Program CSR) juga merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan untuk memajukan daerah dan membantu masyarakat di sekitar lokasi perusahaan, sehingga perusahaan tidak hanya memikirkan keuntungan tanpa memedulikan kepentingan daerah dan masyarakatnya,” katanya.
Sementara itu perwakilan PT Golden Hope, yang sering dipanggil Pak Basit oleh rekan kerjanya, menjelaskan bahwa perusahaannya merencanakan membangun bendung di Gunung Bahalang yang diharapkan dapat melayani penduduk di sekitar bendung itu serta menambah pasokan kebutuhan air baku PDAM dalam melayani kawasan baru ibukota kabupaten.
“Dengan pasokan air baku dari bendungan di Gunung Bahalang itu, PDAM Kabupaten Kota Baru akan dapat melayani kebutuhan air bagi tiga gedung perguruan tinggi, beberapa perumahan warga, masjid agung kabupaten, dan gedung-gedung pemerintah,” katanya.
Pada kesempatan yang sama, Burhanuddin, kepala CSR Site Senakin PT Arutmin menyatakan bahwa pihaknya merencanakan membangun SPAM sederhana di tiga lokasi di sekitar proyek pertambangan site Senakin, yang lokasinya berada di Desa Gunung Toho, Desa Subuli dan Desa Wilas. Jumlah kepala keluarga (KK) di tiga desa di Senakin , Kabupaten Kotabaru itu, sekitar 550 KK.
Dalam rapat koordinasi tersebut, selain PT Golden Hope dan PT Arutmin, PT ITP Tarjun juga melapor kepada Bupati bahwa program CSR bidang air minum PT. ITP Tarjun direncanakan dengan membangun IPA berkapasitas 100 liter/detik dan 50 l/dtk. Kedua IPA itu, selain untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi perusahaannya, juga untuk melayani kebutuhan masyarakat di sekitar lokasi perusahaan.
Menurut Bupati Irhami Ridjani, program kegiatan melalui dana CSR setiap perusahaan di Kabupatn Kotabaru harus termuat dalam kesepakatan kerja sama antara perusahaan dan Pemkab Kotabaru, dan menurutnya, pihak perusahaan yang hadir pada rapat pertemuan itu menyatakan kesediannya untuk mengikat perjanjian kerja sama.
“Pada saatnya, pelaksanaan pembangunan kegiatan kemitraan melalui dana CSR itu akan didampingi dan diawasi oleh Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Pemkab Kota Baru dan Satker PKPAM Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Bupati Irhami Ridjani.
Sedangkan Tim Konsultan PT. Infratama Yakti yang ditunjuk Dit. PAM, katanya menambahkan, akan membantu proses penyusunan konsep perjanjian kerjasama dan teknis desain pembangunan sistem SPAM apabila perusahaan membutuhkannya. [Subdit Investasi Air Minum, Ditpam]
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger