Home » » Menjadi Pemimpin yang Dicintai Rakyat

Menjadi Pemimpin yang Dicintai Rakyat

Written By Ikhsan Firdaus on Monday, January 19, 2015 | 1/19/2015


Rasanya tidak mudah pada saat sekarang ini menemukan pemimpin yang benar-benar dicintai rakyat. Kecintaan terhadap pemimpin seperti itu biasanya muncul oleh karena adanya ketulusan, keikhlasan, dan selalu memberi ketauladanan. Pada zaman demokrasi seperti sekarang ini, pemimpin seperti itu agaknya sulit ditemukan. Seorang menjadi pemimpin karena dipilih rakyat. Akan tetapi dalam proses pemilihan itu banyak terdengar adanya transaksi, misalnya siapa membayar berapa, kepada siapa, dan seterusnya.

Proses menjadi pemimpin yang diwarnai oleh transaksi antara yang memilih dan yang dipilih, maka nuansanya tak ubahnya orang di pasar. Hubungan antara rakyat dan pemimpin mirip dengan penjual dan pembeli. Tatkala masih terjadi tawar-menawar, antara keduanya kelihatan saling mendekat. Akan tetapi ketika barang yang diperjualkan tersebut sudah jatuh ke tangan pembeli dan sejumlah harga sudah dibayar, maka hubungan itu akan putus dengan sendirinya. Begitu pula hubungan pemimpin dan yang dipimpin, tatkala transaksi sudah terjadi, maka hubungan itu juga menjadi putus.
Sejak zaman proses menjadi pemimpin diwarnai oleh transaksi-transaksi seperti itu ternyata banyak membawa korban. Para pemimpin bukan saja dijauhi oleh rakyatnya, tetapi juga lebih dari itu bias membawa resiko yang amat tinggi. 

Jabatan diberbagai levelnya mirip komoditas yang di perjualbelikan. Mereka yang membeli tidak saja berkeinginan  duduk sebagai pejabat, melainkan berharap mendapatkan keuntungan ekonomis. Menduduki jabatan sama artinya dengan bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Pemimpin seperti ini menjadi layak manakala kemudian tidak dicintai rakyat. Rakyat sudah merasa membayar kepada pemimpinnya, maka sebaliknya pemimpin ditunggu untuk menunaikan kewajibannya.

Untuk mengembalikan agar pemimpin dicintai oleh rakyatnya, maka tidak ada cara kecuali memperbaiki hubungan antara keduanya kembali. Hubungan transaksional harus diubah menjadi hubungan pemimpin dan rakyat atas dasar ketulusan, keikhlasan, ketauladanan, kasih sayang dan serupa itu lainnya. Pemimpin memang harus memiliki kelebihan yang dibutuhkan oleh rakyatnya. Kebutuhan itu tentu bukan saja yang bersifat material, melainkan justru yang bersifat immaterial.

Akhir-akhir ini posisi pemimpin terasa seperti terdegradasi. Selain tidak selalu dihormati, mereka juga seringkali dikritik habis-habisan. Bahkan ada juga pemimpin yang berhentikan di tengah jalan. Namun juga anehnya, dalam suasana seperti itu, di mana-mana masih banyak orang yang berkeinginan mejadi pemimpin. 

Resiko dan biaya yang sedekimian besar tersebut ternyata belum bisa menyurutkan nafsu orang memburu posisi tersebut. Bisa jadi, hal itu didorong oleh adanya idealisme, atau juga sebaliknya, sekedar mencintai nafsu mencintai jabatan. Umpama keinginan mejadi pemimpin atau pejabat didorong oleh nilai-nilai idealisme yang tinggi, yaitu untuk memajukan dan menyejahterkan rakyat, maka betapapun kiranya, mereka akan dicintai oleh rakyat yang dipimpinnya.

Yang kita butuhkan saat ini adalah seorang pemimpin yang siap berjuang mengarungi samudra persoalan dan segala problematika rakyatnya. Maka yang ada di benak kita hari ini bukan lagi tentang siapa pilihan kita, tapi langkah apa yang bisa membuat hubungan sejatinya antara pemimpin dan yang dipimpin bisa berjalan dengan harmonis.

Di ibaratkan kita dalam suatu Masjid ingin menunjuk seseorang untuk menjadi imam  Shalat Fardhu, maka pada saat itu para jamaah saling dorong mendorong dan menyepakatinya bahwa seseorang itu memang layak untuk menjadi imam. ~Wassalam.


Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger