Home » » Puskesmas Barru Akan Berstandar Internasional

Puskesmas Barru Akan Berstandar Internasional

Written By Ikhsan Firdaus on Monday, December 10, 2012 | 12/10/2012

Ilustrasi : Puskesmas Tarakan
TRIBUN-TIMUR.COM-- Kesehatan merupakan kebutuhan standar/pokok manusia oleh karenanya arah pembangunan manusia di bidang kesehatan adalah prioritas utama. Pemerintah bertanggung jawab memberikan pelayanan/fasilitas kesehatan terbaik dan prima bagi masyarakatnya. Oleh karena itu Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan bagi masyarakat harus ditingkatkan standar mutu pelayanannya setara dengan standar pelayanan kesehatan internasional.

Demikian disampaikan Bupati Barru, Ir. H. Andi Idris Syukur, MS, saat menerima Konsultan sertifikasi ISO, Jerry Jacobs, dari PT. Piranti Globalindo, Jakarta bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barru, dr. Haryando, di rumah jabatan Bupati Barru, Jum’at (13/01/2012).
“Saat ini Kabupaten Barru telah memiliki satu Rumah Sakit Type C dan 10 Puskesmas, tahun ini akan dibangun satu puskesmas lagi. Jika Rumah Sakit dan Puskesmas yang ada di Barru sama pelayanannya dengan rumah sakit yang ada di luar negeri maka diyakini tingkat permintaan rujukan akan menurun. Permintaan rujukan saat ini sekitar 28%. Jika ini bisa diturunkan berarti tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Kabupaten Barru semakin baik” Ujar Bupati.
Lebih lanjut Mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan ini menguraikan bahwa ISO bukan target utama, tetapi pemberian pelayanan terbaik yang menjadi prioritas pemerintah. Alhamdulillah jika bisa meraih sertifikat ISO, karena itu merupakan pengakuan internasional. Motto Barru dalam setiap pelayanannya “MASIGA” yaitu Ramah, Sigap, dan Gampang juga harus diimplementasikan di Puskesmas-puskesmas yang ada di Barru. Sehingga masyarakat yang dilayani merasakan adanya kesederhanaan sikap, kejelasan penyelasaian, kepastian waktu, akurasi, tanggung jawab, kemudahan akses dan disiplin petugas.
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barru, dr. Haryando menjelaskan bahwa tahun ini berdasarkan riset dan hasil konsultasi dengan konsultan, maka ada 2 Puskesmas yang ditargetkan oleh Bupati untuk memberikan pelayanan yang berstandar internasional yaitu Puskesmas Mangkoso dan Puskesmas Pekkae.
     “Nantinya diharapkan kedua Puskesmas tersebut akan menjadi lokomotif bagi puskesmas lainnya untuk meraih sertifikat ISO sehingga ke depan semua Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Barru adalah pelayanan berstandar internasional” Ungkap Kadis yang didampingi oleh sekretaris Dinas Kesehatan drg. Muh. Asri Tahir.
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger