Home » » Ide Cerdas Mengubah Tempat Parkir Menjadi "Rumah Susun"

Ide Cerdas Mengubah Tempat Parkir Menjadi "Rumah Susun"

Written By Ikhsan Firdaus on Saturday, December 01, 2012 | 12/01/2012

 detail beritaNEW YORK - Kota New York di Amerika Serikat sedang mengalami pergeseran budaya terkait penggunaan mobil. Tim desainer Lawrence Zeroth, Jack Phillips, Brian Schulman, dan Eugene Lubomir membuktikannya melalui proposalnya yang mengubah lift mobil di tengah kota menjadi sebuah “rumah susun”.

Sebagai catatan, lahan kosong merupakan hal yang sulit didapat di Kota New York. Tim desainer yang menyusun proyek bertajuk UpLIFT tersebut pun mengusulkan membebaskan ruang parkir kosong lebih dari satu lantai yang tidak terpakai.

Agar bisa dihuni, “rumah susun” tersebut ditambahkan panel buatan pabrik yang terbuat dari plastik daur ulang di sekelilingnya. Bahkan panel ini dapat dikonfigurasi untuk menyerap energi dari sinar matahari, dan mengumpulkan air hujan.

Panel yang sangat ringan tersebut dapat dimasukkan ke dalam garasi mobil dengan truk dan kemudian diangkat menggunakan lift mobil. Panel dapat dilepas jika hunian selesai digunakan dan kembali digunakan sebagai tempat parkir.

Seperti dikutip dari Inhabitat, tim desainer membuat konsep ini untuk kompetisi HOME yang diselenggarakan Building Trust International. Kompetisi dengan hadiah USD30.000 tersebut mencari konsep desain hunian untuk satu orang di area perkotaan di negara maju.

http://inhabitat.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2012/09/uplift-parts.jpegKompetisi ini juga mencari desain rumah yang cocok untuk orang yang secara mental atau fisik terganggu, orang tua, tunawisma, atau kaum muda yang tidak mandiri secara finansial.



Hal-hal tadi merupakan masalah yang akrab terjadi di Kota New York, mengingat banyak warga yang harus berbagi tempat tinggal karena tingginya biaya apartemen. Tim desainer UpLIFT menyadari struktur merupakan penyumbang biaya terbesar dalam pembangunan apartemen. Karena itulah, tim desainer memilih untuk menyederhanakan masalah struktur bangunan menggunakan plastik daur ulang.
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger