Home » » Terapi Ceria, Mengisi Keseharian Anda

Terapi Ceria, Mengisi Keseharian Anda

Written By Ikhsan Firdaus on Friday, November 30, 2012 | 11/30/2012

Terapi Ceria Selalu Berhasil Mengisi Keseharian Anda

Selain secara rutin setiap pagi melakukan terapi ceria selama 20-30 menit, hendaknya selalu melakukan sembilan saran praktis ini agar dapat selalu mempertahankan kesehatan holistik sepanjang hari.

1. Bangunlah di pagi hari dengan senyuman, dan ucapkan kepada Tuhan : “Selamat pagi Tuhan !”.
Seorang pengusaha Amerika menulis buku dengan judul tersebut. Dia menulis bahwa sejak beberapa lama, dia telah membiasakan dirinya mengucapkan selamat pagi kepada Tuhan begitu bangun tidur dan hal ini telah membuka cakrawala baru dalam hidupnya.

2. Jagalah agar wajahmu selalu tersenyum.
Sebuah senyuman dapat menular ke orang lain. Orang-orang yang mendapat senyuman akan tersenyum pula (kecuali sedang sakit gigi !). Jagalah agar senyuman selalu berasal dari hati yang tulus, tidak sinis ataupun disebabkan oleh keangkuhan.

3. Tertawalah dari hati setidaknya tiga kali sehari – sebelum makan pagi, sebelum makan siang dan sebelum mulai malam.
Apabila susah sekali bagi Anda untuk tertawa, lihatlah wajah Anda sendiri dalam cermin dan buatkan wajah yang lucu sehingga Anda tertawa sendiri.

4. Kembangkan rasa humor yang sehat.
Rasa humor dapat mencegah timbulnya masalah. Dua orang senator Amerika terlibat dalam suatu diskusi yang hangat. Yang satu tinggi besar dan lainnya pendek kecil. Sambil marah-marah, yang pertama mengatakan: “Kalau mau, saya dapat menelan kamu”. Sambil senyum-senyum orang kedua menjawab: “ Kalau itu kamu lakukan, kamu akan mempunyai otak yang lebih baik di perutmu dibandingkan di kepalamu”.

5. Belajarlah mentertawakan diri sendiri.
Anda selalu mentertawakan orang lain, tetapi jarang sekali atau bahkan mungkin tidak pernah mentertawakan kesalahan dan kelemahan diri sendiri. Apabila Anda mentertawakan diri sendiri, sebenarnya Anda sedang mengolesi luka Anda sendiri dengan obat penyembuh yang bernama tawa!

6. Lihatlah hal-hal positif dalam hidup Anda.
Setiap hal mempunyai dua sisi, sisi yang cerah dan yang gelap atau yang kurang cerah. Seorang raja bermimpi bahwa giginya mulai rontok. Dia memanggil para ahli tafsir mimpi dan menanyakannya. Salah seorang menjawab bahwa mimpi itu mempunyai arti yang jelek sekali, bisa kehilangan anak, kekasih atau sesuatu yang sangat berharga. Sang raja marah dan memerintahkan memenjarakan orang tersebut. Dukun mimpi lainnya lebih pandai: “Ini mimpi yang baik Baginda. Mimpi itu adalah tanda-tanda dari alam gaib bahwa Baginda akan hidup lebih lama dari orang-orang yang Baginda sayangi”. Sang Raja merasa senang dan memberi hadiah kepada si peramal. Sebenarnya mereka berdua menyampaikan hal yang sama tetapi berbeda cara penyampaiannya.

7. Yakinilah bahwa Tuhan adalah Maha Kuasa. Ia yang menentukan nasib manusia dan semua bangsa di dunia ini. Tidak ada sesuatupun yang bisa salah.
Begitu banyak kejadian dalam hidup Anda dan Anda mulai bertanya, kenapa demikian? Mereka yang Anda sayangi meninggalkan Anda, nasib buruk, kegagalan dan lain sebagainya. Apabila Anda percaya penuh akan kebijaksanaan dan keadilan serta belas kasih Tuhan, maka iman Anda tidak akan tergoyahkan.

8. Jadilah pengemudi setiap saat.
Jangan biarkan orang lain menjadi pengemudi hidup Anda. Apabila seseorang menghina Anda dan Anda tersinggung , Anda telah membiarkan dia menjadi pengemudi hidup Anda. George Washington Carver mengatakan: “ Saya tidak akan membiarkan seseorang membuat saya sampai membencinya, karena itu berarti kegagalan saya”

9. Apabila Anda ingin bahagia, berikan kebahagiaan kepada orang lain. Kebahagiaan yang Anda berikan kepada orang lain akan kembali kepada Anda lagi. Ini adalah hukum alam, karena itulah setiap hari lakukan suatu kebaikan.
Seorang yang telah belajar seni kehidupan justru akan memperoleh kekuatan dari segala macam kesusahan yang dialami. Kekecewaan tidak akan mempengaruhi dirinya.
(Anand Krishna: Bersama J.P.Vaswani Menggapai Hidup Damai dan Ceria)

Untuk memperoleh kesehatan secara holistik sekali lagi Anda dituntut untuk melaksanakan serta mempraktekkan sembilan butir pedoman ini setiap hari untuk menunjang terapi ceria yang Anda lakukan.
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger