Home » , » Wisata Ubur-ubur

Wisata Ubur-ubur

Written By Ikhsan Firdaus on Sunday, October 14, 2012 | 10/14/2012

Penggaraman/pengasinan
Panen ubur-ubur membawa dampak yang cukup signifikan terhadap perekonomian masyarakat nelayan Kotabaru. Selain mereka mendapat tambahan penghasilan dari tangkapan tersebut, kaum ibu-ibu juga mendapat berkah tersendiri dari panen ubur-ubur. Mereka, antara lain dilibatkan dalam proses pembersihan, penggaraman, dan proses pengemasan, sebelum akhirnya dijual ke pedagang.

Dilokasi yang kami kunjungi tepatnya digudang pengumpul di gudang perikanan, terdapat dua buah gudang yang siap menerima hasil tangkapan dari nelayan kotabaru, dan memang binatang laut yang satu ini menjadi incaran karena merupakan produk eksport para penikmat di china dan hongkong.  Dari beberapa sumber yang sempat kami mintai keterangan, khususnya ibu-ibu (acil=bhs banjar) mengatakan bahwa
, penanganan hasil tangkapan seperti pembersihan ubur-ubur sejak ditangkap, pemilahan, pengasinan, hingga pengemasan memerlukan waktu antara lima hingga tujuh hari. Dan umumnya para pekerja ibu-ibu (acil2) tersebut diberi jasa sebesar Rp. 30.000 untuk pembersihan, Rp. 33.000 untuk penggaraman/pengasinan dan 40.000 bagi bapak2 untuk pengemasan. 

Produksi ubur-ubur meskipun hanya berlangsung 6 bulan dalam 1 tahun, produksinya tidak bisa dipandang sebelah mata, dan menjadi nilai tambah bagi lingkungan masyarakat sekitar dan dunia usaha. Demikia pula dampak dari  panen ubur-ubur ini menjadikan harga ikan di pasar kotabaru menjadi mahal dan langka, dikarenakan para nelayan kotabaru beralih sementara menjadi pencari ubur-ubur.

Pemilahan dan pembersihan
Dari pantauan kami hari ini, para pengumpul kehabisan modal untuk membeli ubur-ubur di karenakan banyaknya hasil tangkapan para nelayan kotabaru, sementara permintaan dari pengusaha yang ada di Pulau Jawa dan Jakarta semakin meningkat. 
 
Jellyfish (ubur2) adalah binatang laut yang hampir tak tersentuh oleh kita, sementara di daerah Asia Timur beberapa jenis ubur-ubur dijadikan lauk dan makanan ringan. Namun ada beberapa jenis ubur-ubur yang mematikan dengan sengatan tentakelnya.

Berikut manfaat dari ubur-ubur :

Sebagai Bahan Obat
Manfaat yg pertama ini tergolong high-tech. Sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan bahwa ubur2 umumnya mengandung zat yg disebut mucin. Setelah diteliti, ternyata zat ini punya potensi untuk dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan masalah persendian, salah satunya adalah penyakit osteo arthritis. Pengobatannya bukan dengan cara dimakan lho, melainkan zat mucin diinjeksikan di persendian.

Sebagai Pupuk Alam
Kita semua tahu bahwa ubur2 adalah hewan yg mudah menyimpan air dalam tubuhnya. Dari sini sebuah penelitian dilakukan dan ternyata hasilnya cukup menggembirakan. Ubur2 yg dikeringkan ternyata dapat menjadi soil conditioner (id: pengkondisi tanah). Ini artinya di tempat yg kering (contohnya tanah pegunungan kapur) media tanam yg sudah dikondisikan terbukti dapat menyerap dan menyimpan air lebih banyak. Selain itu kulit ubur2 ini nantinya juga akan terdekomposisi menjadi unsur2 yg dapat menyuburkan tanaman. Untuk manfaat yg ini sepertinya lebih mudah untuk dicoba dipraktikkan di Indonesia.

Pembuatan kotak kemasan
Hasil laut kotabaru memang memiliki beragam biota dan memiliki nilai jual tinggi, meskipun kita harus selalu menjaga keseimbangan lingkungan laut, agar keberlangsungan kehidupan ikan laut selalu terjaga.

Kotabaru, 14 Okt 2012. by



Ubur-ubur setelah di bersihkan

Ubur-ubur siap kemas

Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger