Home » » Ingin Lebih Tenang dan Terhindar dari Stress? Luangkan Waktu Bekerja Sebagai Sukarelawan

Ingin Lebih Tenang dan Terhindar dari Stress? Luangkan Waktu Bekerja Sebagai Sukarelawan

Written By Ikhsan Firdaus on Thursday, August 08, 2013 | 8/08/2013

Menjadi sularelawan tak hanya membantu dan meringankan beban orang lain, Anda juga akan merasakan dampak positif terhadap diri sendiri.
 
BANYAK manfaat yang akan didapat jika kita meluangkan waktu dengan bekerja sebagai sukarelawan.
Tak hanya membantu dan meringankan beban orang lain, Anda juga akan merasakan dampak positif terhadap diri sendiri.
Anda dapat mulai dari hal paling mudah seperti membersihkan rumah, lingkungan tempat tinggal, kegiatan sosial atau yang lebih menantang seperti mendatangi area bencana dan mengunjungi rumah sakit.
Cara ini juga akan berdampak terhadap kondisi jiwa dan ketenangan batin karena bekerja untuk sesuatu yang mulia tanpa imbalan apapun.
Jika bekerja dengan ketulusan hati, maka Anda akan merasakan kelebihan bekerja sebagai sukarelawan seperti yang dijelaskan Huffington Post:

Merasa memiliki lebih banyak waktu
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 mengungkapkan, menghabiskan waktu untuk orang lain membuat diri merasa lebih berguna dan efisien sehingga tidak harus dalam keadaan terburu-buru. Ini membuat seseorang lebih menghargai dan menikmati waktu dengan sesama dan menghindari keluhan-keluhan yang mungkin sering terlontar sehari-hari.

Terhindar dari depresi
Menjadi sukarelawan memberikan dorongan mental yang positif sebab diketahui dapat menurunkan tingkat depresi. Jika sehabis mengalami kejadian memprihatinkan seperti kehilangan orang terdekat atau mengalami sakit ganas, maka ketika bekerja sebagai sukarelawan sesorang dapat mengatasi gejala depresi yang sedang dialami jauh lebih cepat. Hal ini karena frekuensi interaksi dengan orang lain meningkat dan menciptakan jalinan komunikasi baru.

Tidak merasa stress
Dalam sebuah survei kesehatan, dilaporkan bahwa melakukan amal baik dapat menurunkan tingkat stress. Sebab, ketika saling membantu dan memberi, tubuh melepaskan hormon rasa senang bernama oxytocin yang nantinya dapat menurunkan hormon stress. Ketika oxytocin bekerja, maka stress akan jauh berkurang. Stress sendiri dapat memicu tekanan darah tinggi, serangan jantung dan masalah jantung lainnya.

Hidup lebih lama
Orang yang bekerja sebagai sukarelawan dengan tujuan tulus membantu orang lain, menambah kemungkinan hidup lebih lama. Sebab dapat menciptakan rasa bahagia, iklhas dan jiwa sosial dalam diri sehingga memupuk jiwa yang positif.
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger