Home » » MUI: Daging Impor Halal Dikonsumsi

MUI: Daging Impor Halal Dikonsumsi

Written By Ikhsan Firdaus on Tuesday, July 30, 2013 | 7/30/2013

JAKARTA  (Pos Kota)-Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) H. Amidhan menjamin daging impor yang didatangkan Perum Bulog dari Australia halal untuk dikonsumsi. Pasalnya, daging tersebut berasal dari sapi yang dipotong secara islami oleh kaum muslim di negara tersebut.
“Saat ini di Australia  ada 9 lembaga yang berhak mengeluarkan sertifikasi halal. Dan kami selalu menjalin komunikasi dengan baik dengan mereka,” katanya usai menerima perwakilan dari Perum Bulog yang membicarakan soal kehalalan daging impor, kemarin.
Menurut Amidhan, adanya isu daging yang didatangkan dari Australia tidak dipotong secara islami merupakan isu belaka. Semua itu sebenarnya terjadi hanyalah sebagai persaingan bisnis.
Australia sendiri tidak berani mengirim daging ke Indonesia jika tidak memiliki sertifikat halal dari lembaga yang ada di negara tersebut yang minimal memiliki 3 ulama. Lembaga yang mengeluarkan sertifikat halal  juga harus  bekerjasama dengan islamic center di negara tersebut.

SULIT LOLOS
Karena itu menurut Amidhan, sangat sulit daging yang tidak halal bisa lolos dari Australia ke Indonesia. Apalagi lembaga yang mengeluarkan sertifikat halal tersebut memiliki hubungan yang cukup baik dengan MUI.
Sementara itu Direktur Perencanaan Pengembangan Perum Bulog Rito Angky mengatakan, saat ini pihaknya tengah giat menjalankan tugas dari pemerintah untuk menstabilkan harga daging. Langkah yang dilakukan melalui operasi pasar daging dengan kisaran harga Rp 75 ribu hingga Rp 85 ribu per kilogram tergantung kualitasnya.

“Kami telah melihat langsung proses pemotongan sapi di Australia yang akan dikirim ke Indonesia. Khusus sapi yang akan dikirim ke Indonesia pemotongannya dilakukan oleh kaum muslimin di negara tersebut yang diawasi lembaga sertifikasi halal,” katanya seusai menemui Ketua MUI H. Amidhan. (bu/o)
Teks: Direktur Perencanaan Pengembangan Usaha Perum Bulog, Rito Angky saat menemui Ketua MUI Amidhan untuk membicarakan kehalalan daging impor.
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger