Home » » KARAWANG SINERGIKAN PERTANIAN DAN PENGEMBANGAN KAWASAN INDUSTRI

KARAWANG SINERGIKAN PERTANIAN DAN PENGEMBANGAN KAWASAN INDUSTRI

Written By Ikhsan Firdaus on Monday, April 08, 2013 | 4/08/2013

Kabupaten Karawang akan mengarahkan penataan ruangnya untuk menjadikan pertanian dan industri sebagai basis ekonomi wilayah. Dalam pengembangannya, Karawang akan berupaya mensinergikan kedua sektor tersebut, sehingga tidak terjadi alih fungsi lahan pertanian menjadi kawasan industri. Hal tersebut mengemuka dalam acara  Ekspose Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Karawang, di Jakarta, beberapa waktu yang lalu. Hadir dalam acara tersebut Direktur Pembinaan Penataan Ruang Daerah Wilayah I Direktorat Jenderal (Ditjen) Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Lina Marlia dan Wakil Bupati Kabupaten Karawang Cellica Nurrachadiana.

Saat ini, Karawang memegang peranan sebagai penghasil padi terbesar di Provinsi Jawa Barat. Namun, pengembangan industri yang memberi kontribusi lebih dari 50% terhadap PDRB Kabupaten Karawang juga tak kalah pentingnya. Dengan berbasis pada sektor pertanian dan industri, Karawang memiliki program pertahanan lahan pangan berkelanjutan, dan optimalisasi pemanfaatan kawasan industri.
Namun demikian, lahan pertanian yang tersebar di kawasan perdesaan bagian utara Karawang pada saat ini menghadapi beberapa ancaman. Antara lain, perkembangan perkotaan, terjadinya banjir, menurunnya irigasi serta rencana pembangunan jalan lintas utara Jawa Barat dan rencana pembangunan pelabuhan Cilamaya. Hal ini mendasari upaya pertahanan lahan pertanian dengan meminimalkan potensi alih fungsi lahan pertanian menjadi fungsi peruntukan dan penggunaan lainnya seperti industri.

Terkait industri, Wakil Bupati Kabupaten Karawang menjelaskan bahwa pengembangan sektor tersebut dilakukan pada lahan-lahan marginal yang tandus di bagian selatan Kabupaten Karawang. Pihaknya juga menjamin diupayakannya optimalisasi lahan untuk kawasan industri, dan tidak ada alih fungsi lahan pertanian dalam pengembangan tersebut.
Menanggapi hal tersebut, Lina Marlia mengatakan, pengembangan lahan pertanian berkelanjutan di Kabupaten Karawang diperlukan untuk menjamin kelangsungan produksi pangan daerah, dan menjaga kualitas lingkungan. Pihaknya juga menegaskan perlunya implementasi dari komitmen yang telah dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Karawang. “Komitmen untuk tetap mempertahankan lahan pertanian berkelanjutan diharapkan dapat diwujudkan dalam dua puluh tahun ke depan,” tegas Lina. (sha)
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger