Home » » Tenaga Hydrogen untuk Alat Transportasi

Tenaga Hydrogen untuk Alat Transportasi

Written By Unknown on Tuesday, February 26, 2013 | 2/26/2013


Salah satu pemecahannnya adalah tenaga hydrogen. Disamping keberadaannnya yang melimpah, hasil gas buangnya sangat aman. Prinsip kerjangan adalah reaksi hydrogen dan oksigen dimana bila hydrogen dan oksigen ditemukan pada tekanan tinggi maka terbentuklah air dan pelepasan tenaga yang sangat besar.  Cuma masalahnya karena tenaga yang dihasilkan sangat besar maka diperlukan pengendalian yang jitu. Dan masalah kedua adalah harus dalam tekanan tinggi. Akan tetapi sumber dari bahan tambang tersebut bukan sesuatu yang dapat terus dibuat sandaran akan kebutuhan energy. Di samping keberadaan cadangan di perut bumi yang semakin menipis juga karena sisa-sisa polutannya berbahaya bagi kelangsungan kehidupan di bumi. Sisa pembakaran batu bara dan minyak bumi dituding menjadi polutan utama rusaknya kualitas udara sebagai sumber kehidupan. Maka akhir-akhir ini para ahli memutar otak membuat mesin yang minim akan gas buang.

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa kebutuhan energy adalah termasuk isu yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Dimana seiring semakin majunya peradaban manusia kebutuhan akan energy pun semakin besar. Selama ini kebutuhan energy di handle oleh sumber tenaga dari sisa fosil seperti batu bara dan minyak bumi.
Itu juga belum cukup karena bagaimanapun kecilnya dampak gas buang tetap saja terbentuk polutan. Yang kecil-kecil tersebut akan menjadi besar karena pengguna mesin dimuka bumi semakin besar. Dan menurut survey sebagai penyumbang terbesar polusi udara adalah sector transportasi. Sehingga perlu dipikirkan pengembangan mesin mobil maupun motor yang ramah lingkungan.
Akan tetapi hal tersebut sudah terpecahkan terbukti bahwa tenaga hydrogen sudah biasa digunakan pada mesin pendorong roket.
Dan kini selanjutnya  sasaranya digunakan dalam alat transportasi. Baik roda dua maupun roda empat. Langkah awal dalam hal ini dilakukan oleh Iwatani dengan membangun Hydrogen Bike. Bila ini terwujud bisa dibayangkan wajah perkotaan di bumi. Konon uap air yang menjadi gas buang adalah air yang bersih dan malah mampu mengikat particle polutan yang terlanjur mencemari udara.
Sekarang yang menjadi masalahnya siapkah kita mengganti dan membangun semua sarana yang ada dimana kita sudah terlanjur nyaman menggunakan bahan bakar fosil. Dan juga bagaimana kita membayangkan berkendara di belakang kendaraan lain dengan uap air sebagai gas buang tentunya akan basah kuyup :)
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger