Home » » Taman Kota dan Terminal TOW Terbaik se-Indonesia

Taman Kota dan Terminal TOW Terbaik se-Indonesia

Written By Ikhsan Firdaus on Monday, December 03, 2012 | 12/03/2012

suarasurabaya.net - Terpilihnya Kota Surabaya sebagai kota yang mendapatkan Kota Surabaya yakni karena beberapa hal yang menonjol yakni Taman Kota dan terminal terbaik se-Indonesia.

Drs. H. Satrio Wiweko MT. Pemerhati Lingkungan pada Suara Surabaya, Rabu (6/6/2012) mengatakan, Taman kota terbaik ini diantaranya, Taman Flora di Bratang, Taman Bungkul, Taman Prestasi, Taman Ekspresi dan hampir semua taman-taman kota di Surabaya mendapatkan nilai 80.

Selain itu, Terminal Tambak Oso Wilangun (TOW) merupakan terminal yang bersih dan hijau sehingga menjadi terminal terbaik se-Indonesia.

Ini bisa dilihat juga saat mulai memasuki terminal TOW, ruang tunggu penumpang terlihat hijau dan asri. Disana juga sudah terpilah tempat sampah basah dan kering. Tidak kalah menarik di tempat pembuangan sampah TOW ada sistem pengolahan sampah menjadi kompos.

“Sebenarnya kalau kita lihat terminal TOW itu panas tapi setelah kita masuk ternyata daerahnya sejuk dan lebih dingin,” kata dia.

Selain Kota Surabaya yang mendapatkan Adipura Kencana, Kota Tulungagung juga mendapatkan Adipura karena taman kotanya terbaik ke-2 setelah Surabaya.

Jika kita lihat di alun-alun Tulungagung, ribuan merpati terhampar disana. Alun-alun juga menjadi tempat rekreasi keluarga.

Pasar-pasar di Kota Malang juga mendapatkan penghargaan. Menurut Satrio Wiweko, hampir seluruh pasar di Kota Malang sudah mulai berbenah. Sekarang pasar dalam keadaan bersih.

Bahkan didalam pasar juga banyak dijumpai pot-pot bunga dan ada kios bank sampah. Jadi sampah-sampah tidak menumpuk dan lingkungan tetap bersih. Ini juga menjadi apresiasi yang baik dan bisa dicontoh kabupaten/kota lain.

Kota Jombang kali ini juga menyabet penghargaan adipura dan menjadi kota sedang terbersih se-Indonesia. Di Kota Jombang ini yang paling menonjol adalah TPA nya.

“Kalau kita melihat TPA, ini bukan layaknya TPA tapi seperti hutan. Tumpukan sampah hanya satu zona selebihnya hutan yang sejuk,” ujarnya.

Kota Jombang berhasil menghijaukan kotanya, bahkan disana ada kafe, kantin, pondok dan perpustakaan sehingga tidak akan ditemui bau yang menyengat atau lalat.

“Mudah-mudahan kabupaten/kota di Jawa Timur yang belum mendapatkan Adipura segera berbenah untuk menciptakan kota yang ramah lingkungan,” kata dia.
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger