Home » , , » Cara Cerdas Untuk Membuat Anak Cinta Membaca (Part 2)

Cara Cerdas Untuk Membuat Anak Cinta Membaca (Part 2)

Written By Ikhsan Firdaus on Monday, December 10, 2012 | 12/10/2012

16 Cara Cerdas untuk membuat Anak Cinta Membaca ( Part 2 )
Setelah menyimak tujuh kiat untuk membuat anak mencintai buku dan membaca di bagian pertama, berikut delapan hal berikutnya yang bisa Anda lakukan agar buah hati Anda mencintai buku.

8. Letakkan buku di berbagai tempat

Biasakan membaca dongeng sebelum tidur agar anak menjadi cinta membaca (Gambar: egeve.com)Anak-anak yang tumbuh dengan buku-buku di rumah mereka memiliki kecenderungan untuk melakukan segala hal lebih baik di sekolah, ketimbang mereka yang tidak. Penelitian menunjukkan, anak-anak yang dibesarkan dengan lebih dari 500 buku di rumahnya memiliki pendidikan sekitar 3,2 tahun lebih baik daripada mereka yang tidak. Jadi, pastikan Anda meletakkan buku di berbagai tempat di rumah, mulai dari ruang tamu hingga dapur, sehingga anak akan terbiasa dengan buku dan menganggap buku adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan mereka.
9. Puji mereka
Meskipun anak Anda hanya mencapai satu kemajuan kecil, jangan pernah lupa untuk memuji mereka. Kebanyakan anak yang kesulitan membaca dianggap sebagai anak yang tidak bisa membaca. Seorang kepala sekolah di Georgia bernama Dr. Marcus Jackson misalnya, sering memberi kesempatan kepada murid-muridnya untuk membacakan cerita dengan suara keras, dan memberikan pin kepada mereka yang membacakan cerita pada mereka. Anak-anak ini akan memakai pin itu dengan penuh kebanggaan, karena mereka telah mencapai suatu keberhasilan.

10. Jadikan kebiasaan
Bangun kebiasaan untuk membaca bersama secara rutin di rumah. Tidak perlu lama, cukup 15 menit yang berkualitas setelah makan malam atau mungkin beberapa menit membaca dalam gelap, hanya dengan menggunakan cahaya senter, sebelum beranjak tidur. Bangkitkan kreativitas Anda sebagai orang tua, agar membaca akan menempel menjadi kebiasaan mereka.

11. Dengarkan buku audio
Jika membaca masih menjadi kegiatan yag menyulitkan mereka, maka buku audio dapat menjadi solusinya. Buku audio dapat mengembangkan kecintaan anak terhadap kesusasteraan sementara dalam waktu yang bersamaan kosakata dan pemahamannya pun akan semakin terasah. Buku audio juga akan menjembatani jarak antara bacaan yang bisa ia baca dan ingin ia baca. Selain itu, buku jenis ini juga memiliki suara latar dan musik sehingga mereka akan lebih masuk ke dalam dunia bacaannya.

12. Biarkan mereka memilih
Jangan paksakan buku apa yang harus mereka baca. Mereka akan lebih senang membaca jika diperbolehkan untuk memilih sendiri bahan bacaan mereka. Namun sebagai orang tua, Anda bisa memberikan arahan-arahan tertentu agar buku yang dipilih oleh anak tetap sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

13. Membacalah!
Anak-anak melakukan apa yang mereka lihat, bukan apa yang disuruh kepada mereka. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki orang tua gemar membaca, akan menjadi anak yang juga gemar membaca. Faktanya, dalam sebuah penelitian, orang tua yang membaca untuk kesenangan, maka anak-anaknya pun akan membaca dengan kesenangan pula. Jadi, bersahabatlah dengan buku-buku bagus, dan pastikan anak Anda melihat Anda sedang membaca.

Sekali-kali, ajak anak berlibur ke perpustakaan agar mereka melihat betapa kayanya ilmu yang terkandung di sana (Gambar: famillesummerbelle.typepad.com)
14. Piknik ke perpustakaan
Jangan hanya bawa anak berlibur ke tempat wisata ataupun pusat perbelanjaan saja. Sesekali, bawalah mereka ke perpustakaan terdekat di kota Anda. Mereka akan melihat buku-buku dalam cakupan yang lebih luas, sehingga ketertarikannya terhadap dunia membaca akan semakin meluas. Ajak juga untuk menonton film yang didasarkan pada buku, sehingga Anda bisa berdiskusi dengan buah hati Anda. Selain itu, anak pun jadi tahu bahwa berlibur tidak hanya pergi ke taman bermain atau tempat wisata saja, tetapi bisa juga dihabiskan dengan membaca buku-buku bagus.

15. Berkompetisilah
Kemahiran membaca lahir karena latihan yang rutin. Motivasi anak Anda untuk membaca dengan melakukan pertandingan. Misalnya, tantang ia untuk membaca sejumlah buku hingga akhir pekan, yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan memabcanya. Jangan lupa Anda pun harus menentukan tantangan yang serupa, dan di akhir pertandingan lihatlah siapa yang terlebih dulu mencapai tujuannya.

16. Minta bantuan ahli
Jika anak Anda memiliki kesulitan untuk mengingat beberapa kata yang sering muncul, tidak mampu mengenal ataupun mengingat bunyi dari huruf-huruf, atau memiliki permasalahan dengan bahasa. Anda juga bisa berkonsultasi dengan guru anak Anda untuk melihat layanan dan solusi macam apa yang ditawarkan pihak sekolah. Atau jika dibutuhkan, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter anak, untuk melihat apakah ada permasalahan dengan fungsi pendengaran dan penglihatan, yang berpengaruh besar dalam kemampuan membaca. [Tika/Mizan.com/Sumber:iVillage]
  
review 16 Cara Cerdas untuk membuat Anak Cinta Membaca ( Part 1 )
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger