Home » » Pemimpin Idaman

Pemimpin Idaman

Written By Ikhsan Firdaus on Thursday, November 29, 2012 | 11/29/2012

Para pemimpin yang hari ini memimpin sudahkah kau menjalankan amanah orang-orang yang kalian pimpin? Pernahkah kau makan bersama dengan orang-orang itu? Kalian hanya bisa mencicipi keringat mereka dengan suka cita, mengatur rencana menyusun pasukan romusha seolah pribumi ada di istanamu saja? Adakah didalam benakmu ingin berhenti memimpin?

Aku sampaikan pesan para Nabi-Nabi agar kalian bisa empati dan mengerti makna pemimpin ;
  1. Surga diharamkan kepada pemimpin yang tidak amanah, tidak memberikan nasihat, dan menipu rakyat.
" Tidaklah ada seorang pemimpin yang mengatur urusan kaum muslimin, kemudian dia tidak mau bekerja dengan sungguh-sunngguh dan memberi nasihat kepada mereka, kecuali dia tidak akan masuk surga bersama mereka ". ( Ma'qi bin Yasar ra ).

     2. Bersikap Adil
Ketidakadilan adalah satu bentuk kedzaliman pemimpin terhadap rakyatnya. Segala sesuatu  yang dipimpinnya juga akan menjadi rusak.
" Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah pada hari ketika tidak ada naungan kecuali naungan-NYA, (satu diantaranya adalah) seorang pemimpin yang adil ".

     3. Pemimpin atas dasar nepotisme belaka
Diriwayatkan dari Yazid bin Abu Sufyan, bahwa dia berkata, Abu Bakr Ash-Shiddiq pernah berkata kepadaku ketika beliau mengutusku ke Syam, " Sesungguhnya engkau mempunyai hubungan kekerabatan yang barangkali engkau akan mendahulukan mereka untuk memangku jabatan. Itu adalah sesuatu yang paling aku khawatirkan terhadap dirimu, Rasulullah bersabda, " Barangsiapa menjadi penguasa kaum muslimin, lalu dia mengangkat seorang pejabat untuk memimpin mereka atas dasar kekerabatan/nefotisme, maka dia mendapatkan laknat dari Allah. Allah tidak akan menerima taubat dan tebusannya, sehingga Allah memasukkannya kedalam neraka jahanam"



Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger