Home » » Bantuan Tossa Diserahkan untuk Operasional Sampah

Bantuan Tossa Diserahkan untuk Operasional Sampah

Written By Unknown on Thursday, September 27, 2012 | 9/27/2012

KOTABARU - Pengelolaan persampahan di Kotabaru saat ini masih cukup jauh dari kondisi ideal. Pada umumnya penanganan sampah masih mengandalkan pola kumpul – angkut - buang dan berakhir di TPA. Meski begitu, masih ada saja sampah yang dibuang ke saluran, TPA liar dan dibakar.
Kecenderungan praktik pengoperasian TPA secara open dumping harus segera dihentikan,  termasuk membenahi proses penanganan sampah sejak dari sumbernya. Sumber sampah berasal dari perumahan, perkantoran, pertokoan, sekolah dan lain-lain.
Demikian disampaikan Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani ketika menyerahkan kendaraan angkutan sampah roda tiga berupa Tossa status pinjam pakai kepada Kapolres, Kepala Desa Rampa, Lurah Kotabaru Hulu, Ketua RT 14 RW 03 Kotabaru Tengah dan Pengurus Komplek Perumahan Karya Utama Desa Semayap,  belum lama tadi.
Dikatakan,  perumahan merupakan penghasil sampah yang cukup besar. Apabila timbunan sampah dari perumahan dapat dikurangi dan dikelola sebaik mungkin mulai dari sumbernya, maka hal tersebut akan sangat mengurangi beban di TPA yang akhirnya akan dapat meningkatkan kualitas lingkungan secara umum.
"Mengacu pada kondisi pengelolaan sampah yang ada saat ini, sudah saatnya kita dukung pelaksanaan Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) yang dapat memperbaiki pola penanganan sampah yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan dengan merubah cara pandang terhadap sampah, bahwa sampah merupakan suatu sumber daya," ujarnya beberapa waktu lalu.
Gerakan budaya bersih, terang Irhami lebih jauh, bertujuan untuk meningkatkan kondisi lingkungan permukiman dan kesehatan masyarakat. Mengawali gerakan tersebut, dilakukan percontohan penanganan sampah berbasis pemilahan, yang nantinya dapat dikembangkan keseluruh kawasan di Kotabaru. (zal/az/tri)
Share this article :

Post a Comment

Terimakasih bila Anda menuliskan komentar disini

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger