Latest Post

23 Provinsi Sudah Tetapkan Upah Minimum 2013

Written By Ikhsan Firdaus on Thursday, November 29, 2012 | 11/29/2012

Kamis, 29 November 2012 | 10:35
Muhaimin Iskandar. [Antara] Muhaimin Iskandar. [Antara]


[JAKARTA] Sampai tanggal 27 November 2013, sudah 23 provinsi dari 33 provinsi yang telah menetapkan UMP/UMK  tahun 2013. Sisanya sebanyak 10 provinsi segera menyusul.  

Demikian dikatan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhamin Iskandar, di Jakarta, Rabu (28/11). Ke-23 provinsi yang tercatat sudah menetapkan UMP 2013 adalah Nanggore Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan dan Papua serta enam provinsi lainnya.

“Dalam hal ini Jawa Tengah dan DI Yogyakarta telah memutuskan untuk tidak menetapkan UMP, tapi kedua gubernurnya telah menandatangani SK penetapan upah minimum kabupaten/kota sebanyak jumlah kota dan kabupaten yang ada di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, “ kata Muhaimin.  

Muhaimin telah meminta para gubernur beserta Dewan Pengupahan Daerah (Depeda) agar mempercepat pembahasan dan penetapan UMP tahun 2013 di daerahnya masing-masing. 

Bagi perusahaan belum mampu, silakan manfaatkan upaya penangguhan dan bagi sektor yang terpukul dengan kenaikan ini silahkan bicara dengan pemerintah, baik gubernur maupun Menakertrans dan Menperin. “Kita akan konsolidasi agar UKM yang tidak mampu dapat mengusahakan penangguhan. Pemerintah akan membantu memfasilitasi untuk tetap berkembang dan tumbuh,”kata Muhaimin.  

Menurutnya, mekanisme pengajuan penangguhan sudah diatur dalam Kepmenakertrans Nomor 231/MEN/2003 tentang tata cara penangguhan pelaksanaan upah minimum. 

“Saya minta gubernur dapat benar-benar memfasilitasi mekanisme penangguhan terutama secara bipartite. Audit akan dilakukan kepada perusahaan yang meminta penangguhan dan harus membuka laporan keuangannya. Apa benar perusahaan itu tidak mampu,” kata dia.  

Terkait penetapan UMP/UMK 2013, Muhaimin mengapresiasi kenaikan UMP 2013 yang di atas rata-rata dibandingkan tahun sebelumnya, karena hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam menaikkan kesejahteraan buruh. “Tahun inilah kenaikan upah buruh yang paling signifikan yang mana kenaikannya rata-rata 40 persen. Ini kenaikan upah paling tinggi dalam sejarah,” kata Muhaimin.  

Muhaimin menyebut kenaikan UMP 2013 di wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat merupakan yang tertinggi dalam sejarah upah buruh di Indonesia. “Tahun ini kenaikan upah sangat signifikan di berbagai daerah terutama di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat dengan kenaikan hingga 40 persen,” tuturnya.  

Muhaimin mengklaim, tingginya kenaikan upah buruh di ketiga wilayah itu sesuai pertemuan Komite Ekonomi Nasional (KEN) dengan kabinet pada pertengahan tahun lalu di Bali. “Kita berharap dan mendorong kesejahteraan buruh terus meningkat, terutama pada perkembangan menyongsong Indonesia kompetitif dengan upah sejahtera, bukan upah murah,” kata Muhaimin.  

Ditegaskannya, dengan kenaikan upah buruh ini harus disyukuri dan ditindaklanjuti oleh serikat buruh untuk mengedepankan aspek-aspek yang dituntut pengusaha seperti keamanan, kenyamanan dan ketenteraman berusaha. “Tidak akan ada lagi sweeping dan pemaksaan kehendak lagi di pabrik-pabrik atau di tempat buruh itu bekerja,” tandasnya. [E-8] 

Tata Kota Yang "Rapi" Nan Bagus Ala Barcelona

Jika bicara tentang tata kota terbagus mungkin kita harus mengesampingkan kota-kota di Indonesia, terlebih Jakarta yang macetnya sudah menjadi rutinitas di ibukota Indonesia ini. Tapi, tahukan Anda kota mana yang memiliki tata kota paling bagus di dunia? Jawabannya adalah Barcelona.


Selain identik dengan klub sepakbola yang kini tengah merajai Eropa, Barcelona juga identik dengan susunan tata kota yang paling bagus. Sebuah distrik di kota Barcelona mempunyai desain kota yang unik dan menakjubkan yang dibangun mulai awal abad 20. 

Mungkin tata kota yang demikian menjadikan distrik Eixample di kota Barcelona adalah contoh tata kota terbaik. Coba sobat simak saja beberapa foto kota Eixample di bawah ini :









Yogyakarta, Kota Dengan Tata Letak Terbaik Di Dunia

Kota Yogyakarta yang dibangun pada tahun 1755, bersamaan dengan dibangunnya Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I di Hutan Beringin, berada di kawasan antara sungai Winongo dan sungai Code. Disuatu kawasan yang sangat strategis untuk segi pertahanan keamanan pada waktu itu. Namun kalau kita amati secara lebih mendalam , ada satu hal yang membuat kita lebih takjub lagi, yaitu tentang tata letak kotanya. Sebab tata letak kota Jogja adalah tata letak kota yang terbaik di dunia!!! Betapa tidak, bila kita lihat tata letak jogja yang dibangun dari arah selatan yaitu panggung krapyak kearah utara sampai dengan tugu sangatlah tertata sekali serta mengandung banyak falsafah; padahal blueprint tata letak kota tersebut dibuat pada zaman dimana dinegara kita belum semaju saat ini. Bagi anda yang belum mengetahui dimana letak kehebatan tata kota jogja, inilah detail urutan bangunan beserta falsafahnya :
1.Krapyak adalah gambaran asal roh-roh. Di sebelah utaranya terletak kampong Mijen, berasal dari perkataan Wiji (benih), jalan lurus ke utara, dikanan kiri dihiasi pohon Asem dan Tanjung, menggambarkan kehidupan sang anak yang lurus, bebas dari rasa sedih dan cemas, rupanya nengsemake serta di sanjung-sanjung (tanjung) selalu.
2.Plengkung Nirbaya ( Plengkung Gading ), Plengkung ini menggambarkan periode sang anak menginjak dari masa kanak-kanak ke masa pra puber. Dimana sifatnya masih nengsemake ( pohon asem) dan suka menghias diri (nata sinom). Sinom merupakan daun asem yang masih muda.
3.Alun-alun selatan. Disini terdapapat dua pohon beringin yang disebut Wok. Wok berasal dari kata brewok. Dua pohon beringin ditengah-tengah alun-alun ini menggambarkan bahagian badan yang paling rahasia, oleh karena itu diberi pagar batu. Disekitar alun-alun inin terdapat lima buah jalan yang bersatu satu sama lain, menunjukkan pancaindra. Tanah berpasir artinya belum teratur lepas satu sama lain. Apa yang ditangkap belum teratur oleh pancaindra. Keliling alun-alun ditanami pohon Kweni dan Pakel artinya sang anak sudah wani (berani karena sudah akil balig) 4.Sitihinggil, arti harafiahnya tanah yang ditinggikan. Disini terdapat sebuah tratag atau tempat istirahat beratap anyaman bambu. Kanan kiri tumbuh pohon gayam dengan daun-daunnya yang rindang serta bunga-bunganya harum wangi. Siapa saja yang berteduh dibawah tratag ini akan merasa aman, tenteram senang dan bahagia. Menggambarkan rasa pemuda-pemudi yang sedang di rindu asmara. Konsep lain dengan esensi sama disampaikan bahwa Sitihinggil terdapat dua bangunan untuk penjagaan abdi dalem Gandheng=penghubung=penggandeng. Nama depan hamba (abdi) ini adalah Duto dan Jiwo, dengan maksud andudut Jiwa = Jiwanya ditarik bersamaan antara laki-laki dan perempuan menyalakan api percintaan. 5.Halaman kemandungan, menggambarkan benih dalam kandungan sang ibu.

6.Regol Gadung mlati sampai kemagangan merupakan jalan yang sempit kemudian melebar dan terang benderang. Suatu gambaran Anatomis kelahiran sang bayi. Disekeliling bangunan Siti Inggil (Sasana Inggil) ini terdapat jalan yang menuju ke halaaman Kemagangan. Jalan di kiri kanan ini disebut Pamengkang. Pamengkang berasal dari Mekangkang, posisi kaki yang berjauhan satu sama lain. Posisi ini menunjukkan keadaan seorang ibu yang akan melahirkan . disini bayi kemudian magang (kemagangan) menjadi calon manusia yang sesungguhnya.


7.Bangsal Mangun-Tur-Tangkil, sebuah bangsal kecil yang terletak di tratag Sitihinggil. Jadi sebuah bangsal di dalam bangsal yang mempunyai arti bahwa di dalam badan kita (wadag) ada roh atau jiwa. Manguntur Tangkil berarti tempat yang tinggi untuk anangkil, yaitu menghadap Tuhan Yang Maha Kuasa dengan cara mengeheningkan cipta atau bersemedi. Di belakang bangsal ini terdapat sebuah bangsal lagi yang disebut bangsal Witono, yang mengandung arti wiwit ono (mulailah), merupakan awal kegiatan spiritual manusia mendekatkan diri dengan Tuhan. 8.Tarub Hagung, merupakan bangunan 4 tiang dari pilar yang mempunyai bentuk empat persegi. Arfti bangunan ini adalah : siapa yang gemar semedi sujud kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, berada selalu dalam keagungan.

9.Pagelaran, yang berasal dari kata Pagel = pagol = pager = batas dan aran =nama. Dimana habislah perbedaan manusia baik laki-laki maupun perempuan, terutama di hadapan Tuhan. Sehingga semua kalangan di dalam kraton menggunakan bahasa sama yaitu kramma inggil yang dirubah, yang disebut bahasa bagongan.


10.Alun-alun utara (lor) menggambarkan suasana nglangut, suasana sepi, suasana hati kita dalam samadi. Pohon beringin di tengah alun-alun menggambarkan suasana seakan-akan kita terpisah dari diri sendiri. Mikrokosmos bersatu dalam makrokosmos. Simpang empat sebelah utara menunjukkan godaan dalam semedi. Apakah kita jalan lurus (Siratal Mustaqim) atau menyimpang kekanan-kekiri.
11.Pasar Beringharjo, pusat godaan setelah kita mengambil jalan lurus berupa godaan akan wanita cantik, makanan yang lezat serta barang-barang mewah.
12.Kepatihan, lambing godaan akan kedudukan atau kepangkatan.
13.Sampailah kita pada Tugu, symbol tempat Alif Mutakaliman Wachid, bersatunya kawula lan Gusti bersatunya hamba dan Tuhan

10 Kota dengan Tata Kota Terbaik, dan Ramah Lingkungan Dunia


1. Reykjavik, Iceland



Islandia adalah negara terhijau di dunia. Kota Reykjavik telah menyatakan keinginannya untuk menjadi kota-kota Eropa terbersih dan telah mengambil langkah yang sangat mengesankan untuk mencapai itu. Saat ini, kota Reykjavik dijalankan sepenuhnya pada sistem go green, termasuk panas bumi dan pembangkit listrik tenaga air, sedangkan sistem transportasi di kota ini seluruhnya menggunakan hidrogen. Sangat mengesankan!


2. Malmo, Sweden



Sungguh menakjubkan untuk melihat bagaimana orang ingin pergi ke beberapa kota dengan konsep go green! Beberapa lingkungan di Malmo, Swedia, merupakan kota terbesar di Swedia. Kota ini benar-benar menawarkan konsep Go Green disetiap sudut kota.


3. Copenhagen, Denmark

Ketika orang telah memutuskan untuk melakukan Go Green, kota bisa berubah menjadi surga hijau. Copenhagen adalah kota dimana warga sangat menyadari untuk isu lingkungan dan mereka suka menggunakan motor daripada mobil. maka itu jelas mengapa Kopenhagen adalah salah satu kota terhijau di dunia.


4. Vancouver, Canada



Tidak seperti kota-kota lain di Amerika Utara, kota terbesar di British Columbia telah melakukan banyak dalam rangka untuk go green. Bahkan 90% dari energi tersebut berasal dari sumber yang teranyar, seperti angin, pasang surut, matahari dan energi gelombang, tetapi kota juga telah mengembangkan rencana 100-tahun untuk keberlanjutan dalam rangka terus hijau, meskipun kota ini sudah memiliki lebih dari 200 taman.


5. Bahia de Caraquez, Ecuador



Bahia de Caraquez adalah surga bagi wisatawan . Kota ini mengalami kerusakan parah dari bencana alam di era 90-an dan setelah itu pemerintah daerah dan LSM memutuskan untuk membuat kota yang berkelanjutan. Mereka mengembangkan sejumlah program untuk menjaga keanekaragaman hayati dan mengendalikan erosi, tetapi juga mulai untuk program pengomposan sampah organik dari pasar dan rumah tangga dan kota ini juga mendukung pertanian organik.


6. Sydney, Australia

Sydney adalah kota yang memprakarsai "EARTH HOUR" beberapa waktu lalu, bahkan Sidney menjadi kota pertama yang melakukan program tersebut. Kota Sidney juga telah mengembangkan program makanan-limbah menjadi pembuangan efisien, sehingga jelas mengapa Sydney adalah salah satu kota terhijau di dunia.


7. Bogota, Colombia



Kota yang secara luas dikenal karena tingkat kejahatan yang tinggi, menjadi hijau sejak pemerintahan oleh walikota Enrique Penalosa. Dia berhasil merekonstruksi semua trotoar untuk pejalan kaki, dia menciptakan sistem bus transit yang efisien dan merevitalisasi lebih dari 1200 ruang hijau kota (Nah Ini Asal Usulnya BUSWAY di Jakarta). Walikota juga mengangkat pajak BBM untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan memulai Car Free Day (Nah mirip ke di Jakarta).


8. Curitiba, Brazil



Jika 99% dari warga di Curitiba senang dengan kota mereka, maka mereka layak menerimanya. Beberapa alasan adalah fakta bahwa lebih dari 70% dari orang di sana bergantung pada transportasi umum yang sangat efisien. Di Curitiba adalah model yang luar biasa untuk kota metropolitan dengan konsep Go Green


9. London, England

Pemerintah kota London keluar dengan Rencana Aksi Perubahan Iklim yang membuat kota itu menjadi kota terhijau didunia. Mengurangi emisi CO2 sebesar 60% dan menghasilkan 25% dari energi lokal dalam 20 tahun mendatang, maka pemerintah kota London memeberikan insentif khusus ke warga jika mereka menerapkan konsep go green, bentuk insentifnya cukup menggiurkan .


10. Portland, Oregon, USA



Mungkin Anda akan terkejut bahwa kota ini tadinya merupakan kota paling polusi di Amerika, namun kota ini adalah yang pertama pertama kali menerapkan go green dengan cara membangun bangunan ramah lingkungan (Green Building). Juga, pemerintah daerah berusaha keras untuk menjaga mobil untuk keluar ke jalan dengan cara membangun jalur sepeda dan jalur trem.

Pemimpin Idaman

Para pemimpin yang hari ini memimpin sudahkah kau menjalankan amanah orang-orang yang kalian pimpin? Pernahkah kau makan bersama dengan orang-orang itu? Kalian hanya bisa mencicipi keringat mereka dengan suka cita, mengatur rencana menyusun pasukan romusha seolah pribumi ada di istanamu saja? Adakah didalam benakmu ingin berhenti memimpin?

Aku sampaikan pesan para Nabi-Nabi agar kalian bisa empati dan mengerti makna pemimpin ;
  1. Surga diharamkan kepada pemimpin yang tidak amanah, tidak memberikan nasihat, dan menipu rakyat.
" Tidaklah ada seorang pemimpin yang mengatur urusan kaum muslimin, kemudian dia tidak mau bekerja dengan sungguh-sunngguh dan memberi nasihat kepada mereka, kecuali dia tidak akan masuk surga bersama mereka ". ( Ma'qi bin Yasar ra ).

     2. Bersikap Adil
Ketidakadilan adalah satu bentuk kedzaliman pemimpin terhadap rakyatnya. Segala sesuatu  yang dipimpinnya juga akan menjadi rusak.
" Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah pada hari ketika tidak ada naungan kecuali naungan-NYA, (satu diantaranya adalah) seorang pemimpin yang adil ".

     3. Pemimpin atas dasar nepotisme belaka
Diriwayatkan dari Yazid bin Abu Sufyan, bahwa dia berkata, Abu Bakr Ash-Shiddiq pernah berkata kepadaku ketika beliau mengutusku ke Syam, " Sesungguhnya engkau mempunyai hubungan kekerabatan yang barangkali engkau akan mendahulukan mereka untuk memangku jabatan. Itu adalah sesuatu yang paling aku khawatirkan terhadap dirimu, Rasulullah bersabda, " Barangsiapa menjadi penguasa kaum muslimin, lalu dia mengangkat seorang pejabat untuk memimpin mereka atas dasar kekerabatan/nefotisme, maka dia mendapatkan laknat dari Allah. Allah tidak akan menerima taubat dan tebusannya, sehingga Allah memasukkannya kedalam neraka jahanam"



Membuat Komentar/comment blog

Written By Ikhsan Firdaus on Wednesday, November 28, 2012 | 11/28/2012

Fasilitas Tambah Gadget bawaan blogger kadang mengalami trouble atau gagal, mau tak mau kita kudu mencari alternatif lain agar komentar sobat tetap tampil di blog, cara ini simple dan tidak mengutak atik html template blog karena khawatir error, hehe... langsung aja kita ikut step2nya sobat.

 
Silahkan sobat Ikuti Langkah-langkah berikut :
1. Silahkan login akun Blog sobat
2. Setelah itu pilih Tambah Gadget
4. Kemudian Tambahkan HTML/JavaScript
5. Dan Copy Paste kode di bawah ini :
 
 
 
<script style=text/javascript src= http://wisnunugraha.googlecode.com/files/recentcomment.js ></script>

<script style=text/javascript >var a_rc=5;
var m_rc=true;var n_rc=true;var o_rc=100;</script>

<script src=http://aksarafirdaus.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments ></script>

<span id=rcw-cr><a href='#' ='_blank'> Widget Recent Comments</a> by <a href=http://aksarafirdaus.blogspot.com/ target=_blank title=blogger widgets>Aksara Firdaus</a></span><style type=text/css> .rcw-comments a {text-transform: capitalize;} .rcw-comments {border-bottom: 1px dotted; padding-top: 7px!important; padding-bottom: 7px!important;} #rcw-cr {font-family: Arial,Tahoma;font-size:9px;} </style>
 
 
 
ket : - warna biru jumlah komentar yang ingin ditampilkan
       - warna kuning ganti dengan URL sobat  (WAJIB DIGANTI)
       - warna ungu isi komentar, kalo mau tdk dmunculkan rubah tulisannya menjadi False.

Membuat Link Blog menjadi Merah kuning hijau

Merah kuning hijau (pelangi) di link blog, bisa sobat lihat di kiri dan kanan blog ini, begitu sobat rebahkan mouse di linknya akan tampak pelangi. OK, sekarang langsung aja kita praktekkan.

Caranya :
  1. Sobat Login di blog sobat sendiri dulu
  2. Pilih Rancangan > Edit Html > centang "Expand Widget Template"
  3. Cari kode <head>, untuk  memudah pencarian kode <head>, sobat tekan ctr F lalu muncul tulisan Find dan masukkan kode <head>
  4. Copy Paste Kode dibawah ini dan letakkan Tepat di Bawah kode  <head>
<b><script src="http://cayunkatel.googlecode.com/files/Pelangi.js"></script>
</b></div> 
 
      5. Lalu save template. Dah selesai. lihat hasilnya di blog sobat.
 

Langkah Akhir Tahun Pekerjaan Kontraktual Tahun 2012 Prosedur, Tantangan Dan Alternatif Solusinya - Bag. 2 (habis)

C. TANTANGAN

  1. Keputusan STOP atau GO
    Keputusan STOP atau GO adalah merupakan kewenangan PPK sebagai pelaksanaan dari ketentuan pasal 93 ayat (1) Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012. Dalam ketentuan tersebut, PPK diberikan kewenangan untuk melakukan penilaian apakah Penyedia Barang/Jasa diperkirakan akan mampu atau tidak mampu menyelesaikan sisa pekerjaan dalam jangka waktu 50(lima puluh) hari kalender sejak akhir kontrak.
    Agar dapat menggunakan kewenangan tersebut dengan baik, maka pengambilan keputusan oleh PPK harus didasarkan pada pertimbangan teknis penyelesaian pekerjaan dan mendapat masukan dari pihak yang kompeten, misalnya : Konsultan Perencana, Konsultan Pengawas atau Tim Teknis.
    Keputusan melanjutkan pekerjaan dalam jangka waktu keterlambatan memberikan peluang pencapaian output sesuai dokumen anggaran dan mengurangi potensi pengembalian belanja sehingga penyerapan anggaran tetap berada pada tingkat maksimal.
    Keputusan menghentikan pekerjaan akan menghasilkan output yang tidak maksimal, penyerapan anggaran yang lebih rendah serta proses penganggaran ulang untuk melanjutkan pekerjaan pada tahun anggaran berikutnya
  2. Pembiayaan di Tahun 2013
    Sebagaimana diuraikan di atas, penyelesaian pekerjaan yang dilanjutkan pada tahun anggaran 2013 mengacu ketentuan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 25/PMK.05/2012 tentang Pelaksanaan Sisa Pekerjaan Tahun Anggaran Berkenaan Yang Dibebankan pada DIPA Tahun Anggaran Berikutnya. Ketentuan dimaksud adalah:
    • Harus tersedia alokasi untuk pelaksanaan pekerjaan dimaksud. Jika dana belum tersedia, maka Kuasa PA mengajukan revisi DIPA/POK untuk mengalokasikan anggaran atas pekerjaan yang dilanjutkan.
    • Dilakukan addendum Kontrak untuk mencantumkan sumber dana DIPA Tahun Anggaran berikutnya atas sisa pekerjaan yang akan diselesaikan.
    • Penyedia Barang/Jasa menyampaikan surat pernyataan bermaterai cukup yang ditandanganani oleh Pimpinan yang sekurang-kurangnya menyatakan:
      1. Sanggup menyelesaikan sisa pekerjaan;
      2. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan sisa pekerjaan, maksimal 50 (lima puluh) hari kalender;
      3. Bersedia dikenakan denda keterlambatan penyelesaian pekerjaan.
    • Penyedia Barang/Jasa menyampaikan Jaminan Pelaksanaan sebesar 5% (lima per seratus) dari nilai sisa pekerjaan yang akan diselesaikan. Pelaksanaan ketentuan tersebut di atas akan menimbulkan hambatan:
      1. Penyelesaian sisa pekerjaan belum dapat dipastikan dilaksanakan sampai tersedianya alokasi dana. Jika tidak dapat dilakukan revisi DIPA/POK, maka pekerjaan tidak dapat dilaksanakan sehingga kondisinya sama dengan pemutusan kontrak.
      2. Penyelesaian sisa pekerjaan tidak dapat dipastikan berlanjut sejak awal tahun 2013. Pada saat proses revisi DIPA/POK, pekerjaan harus dihentikan dan dimulai lagi setelah revisi disetujui. Menghentikan pekerjaan dan memulai lagi bisa berakibat pada demobilisasi/mobilisasi tenaga kerja dan peralatan sehingga tidak efisien bagi pelaksanaan pekerjaan secara keseluruhan.
      3. Revisi anggaran 2013 untuk membiayai pekerjaan 2012 bisa mengakibatkan terganggunya pencapaian output yang sudah ditargetkan pada tahun 2013. Dengan gambaran hambatan tersebut di atas, maka penyelesaian sisa pekerjaan atas beban DIPA Tahun Berikutnya tidak dapat dilaksanakan dengan mudah, atau bahkan tidak dapat dilaksanakan.
  3. Ketidakpastian pemungutan pajak
    Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor 37/PB/2012 dan Peraturan Menteri Keuangan nomor 25/PMK/05/2012 apabila dilaksanakan secara berurutan akan menimbulka problem ketidakpastian pemungutan pajak yang merugikan Penyedia Barang/Jasa sebagai Wajib Pajak. Gambaran ketidakpastian pemungutan pajak dapat dijelaskan dalam ilustrasi (ilustrasi hanya terhadap PPN saja) sebagai berikut:
    • Paket pekerjaan konstruksi pembangunan gedung senilai Rp 10.000.000.000. Pembayaran dilaksanakan dengan sistem termijn. Sampai akhir Nopember 2012 telah dicapai progress 80% dan diajukan pembayaran termijn 75% (tujuh puluh lima per seratus).
    • Pada tanggal 15 Desember 2012, karena pekerjaan belum dapat diselesaikan, diajukan SPM Akhir Tahun untuk termijn terakhir dan termijn pemeliharaan total sebesar 25% (dua puluh lima per seratus) dengan nilai Rp 2.500.000.000. PPN dipungut sebesar Rp 227.272.727. c. Pada akhir kontrak, pekerjaan dapat diselesaikan 90% (Sembilan puluh per seratus) sehingga dilakukan klaim Jaminan Pembayaran tanpa memperhitungkan pajak yang telah dipungut sebesar Rp 1.000.000.000
    • Disediakan alokasi dana pada tahun 2013 untuk menyelesaikan sisa pekerjaan. Pekerjaan berhasil diselesaikan 100% sehingga dilakukan pembayaran atas beban DIPA 2013 sebesar Rp 1.000.000.000. Atas pembayaran tahun 2013 dipungut PPN sebesar Rp 90.909.091
    • Urutan pembayaran tersebut telah mengakibatkan pemungutan pajak 2 (dua) kali atas pekerjaan yang sama sehingga pekerjaan senilai Rp 2.500.000.000 (yang diselesaian dalam tahun 2012 dan 2013) dikenakan pemungutan PPN total sebesar Rp 318.181.818.
    • Meskipun Penyedia Barang/Jasa mempunya hak untuk mengajikan pemgembalian atau kompensasi pajak yang telah dipungut melalui Direktorat Jenderal Pajak, namun pengenaan pajak 2 (dua) kali atas obyek yang sama akan merugikan Penyedia Barang/Jasa, setidaknya dari sisi pengelolaan arus kas.

D. ALTERNATIF SOLUSI

Sebagaimana hasil kajian saya dan Hery Suroso yang berjudul “Strategi Pengadaan dan Keuangan pada Akhir Tahun Anggaran”i, terdapat mekanisme lain guna menyelesaikan hambatan pembiayaan di tahun anggaran 2013. Mekanisme lain yang dapat digunakan sebagai alternatif solusi adalah perpanjangan masa berlaku Jaminan Pembayaran. Dengan menggunakan perpanjangan Jaminan Pembayaran maka:
  • Penyelesaian sisa pekerjaan pasti dilaksanakan tanpa menungu revisi
  • Pelaksanaan pekerjaan dapat langsung dilaksanakan sejak awal tahun tanpa ada kemungkinan menghentikan pekerjaan untuk sementara waktu;
  • Tidak mempengaruhi atau mengurangi target output pada DIPA Tahun 2013;
  • Tidak dilakukan pemungutan pajak 2 (dua) kali atas obyek pekerjaan yang sama sehingga tidak merugikan arus kas Penyedia Barang/Jasa.
Implementasi perpanjangan Jaminan Pembayaran pada dasarnya sama dengan prosedur yang telah diatur Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomo 37/PB/2012 dengan penyesuaian:
  1. Pada saat pengajuan SPM Akhir Tahun
    Masa berlaku Jaminan Pembayaran ditentukan sampai dengan 50 (lima puluh) hari kalender sejak akhir Kontrak.
  2. Pada saat akhir Kontrak.
    • Apabila PPK memberikan kesempatan kepada Penyedia Barang/Jasa untuk menyelesaikan pekerjaan pada masa keterlambatan, maka PPK meminta Penyedia Barang/Jasa untuk memperpanjang jangka waktu Jaminan Pelaksanaan sampai dengan 50 (lima puluh) hari sejak akhir Kontrak.
    • Tidak dilakukan klaim atas Jaminan Pembayaran.
  3. Pada masa keterlambatan setelah pekerjaan diselesaikan 100%.
    • PPK menghitung besarnya denda keterlambatan sesuai ketentuan dalam Kontrak.
    • Penyedia Barang/Jasa menyetorkan denda keterlambatan ke Kas Negara pada MAK 423752.
    • PPK membuat Berita Acara Serah Terima dan Berita Acara Pembayaran. Berita Acara ini merupakan wujud akuntabilitas proses pengadaan yang menggambarkan proses penyelesaian pekerjaan dengan sebenarnya.
    • Kuasa PA menyampaikan Berita Acara dan bukti penyetoran denda keterlambatan kepada Kepala KPPN mitra kerjanya.
    • Berdasarkan Berita Acara dan bukti penyetoran tersebut, Jaminan Pembayaran/Garansi Bank dikembalikan kepada Pihak Ketiga.
  4. Pada akhir masa keterlambatan jika pekerjaan tidak diselesaikan 100%
    • PPK mencairkan Jaminan Pelaksanaan. Pencairan Jaminan Pelaksanaan dapat dicatat sebagai penerimaan denda atas keterlambatan penyelesaian pekerjaan.
    • PPK mengusulkan pengenaan saksi Daftar Hitam terhadap Penyedia Barang/Jasa kepada Kuasa PA.
    • PPK membuat Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan dan Berita Acara Pembayaran berdasarkan progress terakhir pada akhir keterlambatan.
    • Kuasa PA menyampaikan surat pemberitahuan wanprestasi dilampiri Berita Acara kepada Kepala KPPN mitra kerjanya.
    • Berdasarkan pemberitahuan Kuasa PA, Kepala KPPN mengajukan klaim pencairan Jaminan Pembayaran sebesar nilai pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan. Klaim pencairan Jaminan Pembayaran dibukukan sebagai Pendapatan Anggaran lain-lain (kode akun 4239XX).
Mengingat implementasi alternatif solusi tidak sepenuhnya melaksanakan ketentuan dalam Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor 37/PB/2012, maka sebagai konsekwensinya sesuai pasal 18 ayat (5) Kuasa PA/PPK yang bersangkutan akan dilaporkan kepada Unit Pemeriksaan Internal Kementerian/Lembaga/Institusi bersangkutan dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

E. TANTANGAN UNTUK PELAKSANAAN APBD

Sesuai dengan kewenangan yang ditentukan oleh Undang-undang Keuangan Negara, maka Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan tersebut di atas hanya digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan APBN dan tidak dapat digunakan sebagai dasar hukum pelaksanaan APBD.
Sebagaimana telah diketahui bersama, pelaksanaan APBD menggunakan ketentuan yang ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri.Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri yang berlaku saat ini, tidak memberikan solusi terhadap pembayaran pekerjaan yang belum dapat diselesaikan menjelang atau pada akhir tahun anggaran.Dengan tidak adanya solusi tersebut maka terhadap pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan pada akhir kontrak harus dilakukan pemutusan kontrak sepihak sehingga output yang ditentukan dalam dokumen anggaran tidak tercapai. Padahal, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2010 yang telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 terdapat kesempatan bagi Penyedia Barang/Jasa untuk menyelesaikan pekerjaan pada masa keterlambatan sehingga output yang ditentukan dalam dokumen anggaran bisa dicapai sepenuhnya.
Agar alternatif solusi dapat digunakan sebagai panduan pelaksanaan APBD, perlu dilakukan penyempurnaan terhadap Peraturan Menteri Dalam Negeri sehinggadapat digunakan sebagai acuan dalam menyusun Peraturan Kepala Daerah pada masing-masing Provinsi/Kabupaten/Kota.
Agus Kuncoro, CERT.SCM(ITC) adalah salah satu pendiri Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia (P3I), bisa dikunjungi di situsnya http://guskun.com

Langkah Akhir Tahun Pekerjaan Kontraktual Tahun 2012 Prosedur, Tantangan Dan Alternatif Solusinya - Bag.1

Dalam konteks pelaksanaan anggaran belanja, Negara seolah harus berhenti pada tanggal 31 Desember pukul 23:59, sehingga seluruh kegiatan dan pembayarannya harus dapat diselesaikan atau dianggap selesai pada saat itu. Mengingat administrasi pembayaran adalah sebuah proses yang memerlukan waktu, maka setiap tahun Menteri Keuangan selaku Chief Financial Officer (COO) melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan mengeluarkan Peraturan Direktur Jenderal tentang Langkah-langkah Akhir Tahun anggaran. Untuk Tahun 2012, Langkah-langkah Dalam Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2012 tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor : 37/PB/2012.
Dengan pertimbangan pengadaan adalah sebuah proses sampai dengan diselesaikannya seluruh kegiatan memperoleh barang/jasa, maka dalam kerangka Pengadaan Barang/Jasa, langkah akhir tahun harus tetap dalam kerangka mencapai output yang telah ditetapkan dalam dokumen anggaran. Tulisan ini, dibuat dalam kerangka peta pemikiran (mindmap) sebagaimana terlampir dengan harapan seluruh pihak yang terkait dengan Pengadaan Barang/Jasa dan pembayaran atas beban APBN memiliki pemahaman yang sama dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi pada akhir tahun anggaran.

A. PERSIAPAN MENJELANG AKHIR TAHUN ANGGARAN

Persiapan menjelang akhir tahun anggaran adalah dengan cara mempercepat penyelesaian pekerjaan agar prestasi pekerjaan :
  • Mencapai 100%; atau
  • Mencapai prosentase tertentu sebagai termin pembayaran yang diatur dalam kontrak
Terhadap pekerjaan tersebut di atas, maka pembayaran dilakukan dengan Surat Perintah Membayar sebagaimana diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor : PER-66/PB/2005 sebagaimana diubah dengan Peraturan Direktur Jendral Perbendaharaan Nomor : PER-11/PB/2011 tentang Mekanisme Pelaksanaan Pembayaran atas Beban APBN. Sesuai ketentuan dalam pasal 4 angka 6, Surat Permintaan Pembayaran (SPP) atas pengadaan barang dan jasa harus dilampiri dengan :
  1. Kontrak/SPK yang mencantumkan nomor rekening rekanan;
  2. Surat Pernyataan Kuasa PA mengenai penetapan rekanan;
  3. Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan atau Berita Acara Serah Terima;
  4. Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan dapat dipersamakan dengan Berita Acara Kemajuan Pekerjaan yang menyatakan prestasi pekerjaan (progress) pada saat diajukan permintaan pembayaran. Berita Acara Serah Terima digunakan apabila pekerjaan sudah diselesaikan 100%.
  5. Berita Acara Pembayaran;
  6. Kuitansi yang disetujui oleh Kuasa PA atau Pejabat yang ditunjuk;
  7. Faktur Pajak beserta SSP yang telah ditandatangani oleh Wajib Pajak;
  8. Jaminan Bank atau yang dipersamakan;
  9. Dokumen lain yang dipersyaratkan dalam Kontrak;
  10. Ringkasan Kontrak.
Permintaan pembayaran tersebut di atas dapat diajukan kapan saja dan SPM diterbitkan sebelum batas akhir pengajuan SPM yang ditentukan pada Langkah-langkah Dalam Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2012.

B. PROSEDUR PADA AKHIR TAHUN ANGGARAN

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan nomor : 37/PB/2012, prosedur akhir tahun anggaran, khususnya yang menyangkut pekerjaan kontraktual diatur sebagai berikut:
  1. Batas Akhir Pengajuan SPM-LS, Pada pasal 14 ayat (1) ditentukan bahwa SPM-LS sudah harus diterima oleh KPPN paling lambat 17 Desember 2012 pada jam kerja.
  2. SPM –LS atas Pekerjaan Yang Belum Dapat Diselesaikan 100% Permintaan pembayaran pada akhir tahun anggaran terhadap pekerjaan yang belum dapat diselesaikan 100% pada dasarnya sama dengan permintaan pembayaran pada umumnya, kecuali tidak adanya Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan dan Berita Acara Serah Terima. Sebagai pengganti dari Berita Acara tersebut, maka permintaan pembayaran harus dilengkapi dengan dokumen tambahan sebagai berikut:
    • Untuk Pembayaran s/d Rp 50 juta rupiah, Pada pasal 18 ayat (1) ditentukan bahwa untuk pembayaran s/d Rp 50 juta rupiah harus dilampiri dengan:
      1. Surat Perjanjian Pembayaran antara Kuasa PA dengan Pihak Ketiga sebagaimana contoh dalam Lampiran II.
      2. Surat    Pernyataan    Tanggung    Jawab    Mutlak    (SPTJM)    sebagai Penjaminan dari Kuasa PA sebagaimana contoh dalam Lampiran VI.
      3. Surat Pernyataan Kesanggupan untuk Menyelesaian Pekerjaan 100% dari Pihak Ketiga sebagaimana contoh dalam Lampiran VII.
    • Untuk pembayaran di atas Rp 50 juta rupiah, Pada pasal 18 ayat (1) ditentukan bahwa untuk pembayaran di atas Rp 50 juta rupiah harus dilampiri dengan:
      1. Surat Perjanjian Pembayaran antara Kuasa PA dengan Pihak Ketiga sebagaimana contoh dalam Lampiran II
      2. Asli Garansi/Jaminan Pembayaran dari Bank Umum sebagaimana contoh dalam Lampiran III. Jaminan Pembayaran harus memenuhi syarat:
        • Masa berlakunya berakhir sampai dengan berakhirnya kontrak;
        • Nilai jaminan sekurang-kurangnya sebesar nilai pembayaran atau nilai pekerjaan yang belum diselesaikan;
        • Masa pengajuan klaim selama 30 (tiga puluh) hari kalender sejak berakhirnya jaminan;
        • Diterbitkan oleh Bank Umum yang berlokasi dalam wilayah kerja KPPN bersangkutan; dan
        • Bersifat transferable
      3. Surat Pernyataan dari Kuasa PA mengenai keabsahan Jaminan/Garansi Bank sebagaimana contoh dalam Lampiran IV.
      4. Asli Surat Kuasa (bermaterai cukup) kepada Kepala KPPN sebagaiman contoh dalam Lampiran V.
      5. Surat Penyataan Kesanggupan untuk Menyelesaikan Pekerjaan 100% dari Pihak Ketiga sebagaimana contoh dalam Lampiran VII. Penggunaan dokumen-dokumen tambahan tersebut di atas adalah bentuk akuntabilitas pembayaran guna menghindari adanya Berita Acara yang tidak sebenarnya atau Berita Acara fiktif.
  3. SPM-LS atas retensi atau biaya pemeliharaan, Pada dasarnya, permintaan pembayaran atas uang retensi atau biaya pemeliharaan hanya dapat diajukan setelah pekerjaan diselesaikan 100%.
    Jika pelaksanaan pekerjaan belum dapat diselesaikan 100%, maka pengajuan pembayaran harus dilengkapi dengan dokumen pendukung sebagaimana yang berlaku terhadap SPM-LS atas Pekerjaan Yang Belum Dapat Diselesaikan. Pada pasal 17 ditentukan bahwa terhadap permintaan pembayaran uang retensi atau biaya pemeliharaan diperlukan syarat :
    • Dilampiri copy Jaminan Pemeliharaan yang telah disahkan oleh Kuasa PA;
    • Jaminan Pemeliharaan sekurang-kurangnya sebesar jumlah tagihan;
    • Masa berlaku Jaminan Pemeliharaan sampai dengan berakhirnya masa pemeliharaan yang diatur dalam Kontrak;
    • SPM retensi atau pemeliharaan dibuat terpisah dengan mencantumkan nomor dan tanggal Jaminan Pemeliharaan pada SPM bersangkutan.
  4. Kondisi di Akhir Kontrak
    • Pekerjaan dapat diselesaikan 100%, Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan atau Berita Acara Serah Terima harus dibuat berdasarkan kondisi yang sebenarnya pada akhir kontrak,
      tidak boleh didasarkan pada kondisi yang tidak sebenarnya atau dibuat.
      Berita Acara fiktif.
      Pada pasal 18 ayat (2) ditentukan bahwa apabila pekerjaan dapat diselesaikan 100%, maka Kuasa PA menyampaikan Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan (menurut pendapat penulis yang dimaksud adalah Berita Acara Serah Terima atau Berita Acara Serah Terima I) paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah masa kontrak berakhir. Dengan penyampaian Berita Acara ini ke KPPN, maka Jaminan Pembayaran/Garansi Bank dikembalikan kepada Pihak Ketiga.
    • Pekerjaan tidak dapat diselesaikan
      1. Dilakukan pemutusan kontrak sepihak
        Pada pasal 18 ayat (3) diatur ketentuan apabila pekerjaan tidak dapat diselesaikan dan dilakukan pemutusan kontrak sepihak. Ketentuan
        dimaksud adalah:
        • Kuasa PA, paling lambat 1 (satu) hari kerja setelah Kontrak berakhir, wajib memberitahukan secara tertulis kepada Pihak Ketiga bahwa yang bersangkutan telah wanprestasi. Pemberitahuan ini tembusannya disampaikan kepada Kepala KPPN mitra kerjanya.
        • Berdasarkan pemberitahuan tersebut, Kuasa PA membuat surat pernyataan tertulis bahwa Pihak Ketiga wanprestasi paling lambat 1 (satu) hari kerja setelah Kontrak berakhir.
        • Surat pernyataan dilengkapi dengan Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan dan Berita Acara Pembayaran terakhir disampaikan kepada Kepala KPPN paling lambat 5 (lima) hari kerja sejak masa kontrak berakhir. Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan dan Berita Acara Pembayaran dibuat sesuai progress terakhir pada akhir Kontrak.
        • Berdasarkan surat pernyataan dan Berita Acara tersebut di atas, pad hari kerja berikutnya Kepala KPPN mengajukan klaim pencairan Jaminan Pembayaran sebesar nilai pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan.
        • Atas klaim pencairan jaminan tersebut, maka apabila penyetoran kembali ke Kas Negara dilaksanakan pada bulan Desember 2012, dianggap sebagai pengembalian belanja tahun anggaran 2012 (kode akun bersangkutan). Namun apabila penyetoran kembali dilaksanakan pada tahun 2013, maka dicatat sebagai Pendapatan Anggaran Lain-lain (kode akun 4239XX).
        • Klaim pencairan Jaminan Pembayaran tanpa memperhitungkan pajak-pajak yang telah disetor ke Kas Negara atau dipotong melalui SPM.
        • Pajak-pajak yang telah terlanjur disetor ke Kas Negara atau melalui pemotongan SPM, diselesaikan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku di bidang perpajakan, sehingga konsekwensinya:
          • Pajak yang terlanjur disetor atau dipotong dianggap sebagai Kredit Pajak;
          • Terhadap Kredit Pajak tersebut tidak secara otomatis dilakukan Pengembalian atau Kompensasi, namun harus diselesaikan berdasarkan mekanisme perpajakan yang berlaku.
      2. Pekerjaan dilanjutkan pada tahun 2013
        Pada pasal 18 ayat (4) diatur ketentuan mengenai pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan dan akan dilanjutkan pada tahun 2013. Ketentuan yang berlaku adalah:
        • Pelaksanaan pekerjaan yang akan dilanjutkan pada tahun 2013 berpedoman pada ketentuan yang mengatur tentang sisa pekerjaan tahun anggaran berkenaan yang dibebankan pada DIPA tahun anggaran berikutnya. Ketentuan dimaksud adalah Peraturan Menteri Keuangan nomor : 25/PMK.05/2012.
        • Kuasa PA menyampaikan pemberitahuan kepada Kepala KPPN mengenai pekerjaan yang akan dilanjutkan pada tahun 2013 selambat-lambatnya 5 (lima) hari kerja sejak masa Kontrak berakhir. Pemberitahuan dilampiri:
          • Berita Acara Kemajuan Pekerjaan dan Berita Acara Pembayaran berdasarkan kondisi pada akhir Kontrak;
          • Surat Pernyataan kesanggupan dari Pihak Ketiga yang sudah dilegalisir dalam rangkap 5 (lima).
        • Berdasarkan surat pemberitahuan dan Berita Acara tersebut di atas, pada hari kerja berikutnya, Kepala KPPN mengajukan klaim pencairan Jaminan Pembayaran sebesar nilai pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan. Klaim pencairan Jaminan Pembayaran dibukukan sebagai Pendapatan Anggaran lain-lain (kode akun 4239XX)
        • Terhadap pajak yang telah disetor atau dipotong melalui SPM berlaku ketentuan yang sama sebagaimana diuraikan di butir sebelumnya.



        Bersambung Langkah Akhir Tahun Pekerjaan -Bag. 2 (habis)

Pasar Tradisional Bintoro

Written By Ikhsan Firdaus on Monday, November 26, 2012 | 11/26/2012


Menghadapi era perdagangan bebas, masyarakat Indonesia yang bertumpu pada sektor riil di pasar tradisional harus siap dengan risiko persaingan yang bebas. Kondisi tersebut membuat pedagang pasar tradisional yang kebanyakan berasal dari kelompok ekonomi lemah mulai tergusur karena persaingan yang tidak seimbang. Penurunan omzet pasar tradisional ini juga didukung oleh kondisi fisik pasar tradisional yang kurang nyaman untuk aktivitas belanja. Masalah ini tidak dapat dipecahkan hanya dengan memberikan ruang yang cukup secara kuantitatif, tetapi juga dengan menambahkan strategi baru untuk memunculkan karakter pasar yang berbeda di setiap tempat.
Pasar Tradisional Bintoro terletak pada kawasan bersejarah Kesultanan Demak yang memiliki potensi besar yang khas untuk menarik pengujung. Potensi itu berupa kekuatan sejarah, budaya, dan lokasi pasar yang strategis. Dalam perancangan ini dilakukan studi literatur budaya Jawa dan preseden, serta survei lapangan terkait potensi Demak yang dapat dijadikan kekuatan utama dalam perancangan. Dari proses tersebut didapatkan desain pasar yang mengakomodasi bentuk-bentuk kegiatan wisata dan ritual religius yang menjadi identitas budaya Demak.
Pasar Tradisional Bintoro didesain dengan menggunakan konsep place of Demak. Konsep ini mengekspos suasana dan aktifitas khas yang ada di Pasar Bintoro. Pasar Bintoro dibagi dalam tiga zona yang berbeda berdasarkan komoditasnya utamanya, yaitu komoditas kerajinan, konveksi, dan kebutuhan sehari-hari. Komoditas tersebut dibagi dalam tujuh bangunan yang dihubungkan dengan ruang-ruang luar di lantai dasar dan jembatan antar bangunan di lantai dua dan tiga. Ruang-ruang luar ini didesain sebagai path dan node untuk melihat dan menikmati lokalitas dan budaya masyarakat Demak yang terangkum dalam Pasar Tradisional Bintoro layaknya sebuah galeri. Desain lanskap menggunakan material bata produksi lokal yang disusun berdasarkan susunan khas Demak, selain itu pohon Kenanga dan kembang Telon juga ditanam di setiap zona untuk menyatukan tapak dalam suasana yang khas. Lokalitas tersebut juga dielaborasi dalam desain bangunan yang mentransformasikan idiom arsitektur vernakular Jawa dalam kemasan modern. Bangunan pasar mengadaptasi unsur- unsur khas Demak dalam konsep struktur, atap, kerawang segienam, dan Sirih Gading yang merambat pada fasad sebagai ornamen vegetasi.
Kata kunci: Pasar Tradisional, Pasar Wisata, Arsitektur Tradisional Jawa
Galeri








 
by http://ima-g.ar.itb.ac.id/

Desain Pasar Modern Kalisat - Jember

Lokasi Proyek :. Kecamatan Kalisat, Jember
Gaya Arsitektur :. Modern
Jumlah Kios :. 800 unit
Luas Lahan :. 16.130 m2

Ini adalah proyek perencanaan renovasi pasar lama, awalnya merupakan pasar tradisional, karena sering kebakaran maka kemudian didesain ulang dan diperluas arealnya sehingga menjadi pasar tradisonal dengan konsep modern.
Pasar tradisional dengan konsep modern bukan berarti sama dengan supermarket atau swalayan, jadi sistemnya masih tetap sama dengan pasar tradisional, namun bangunannya yang didesain dengan konsep modern. Pasar Modern ini akan menghasilkan pasar tradisional yang terkesan bersih dan tidak berbau seperti halnya di pasar tradisional, tidak becek dan tidak kumuh. Pembeli dan penjual masih tetap dapat berjumpa dan melakukan tawar-menawar ataupun bersilaturahmi, karena kita juga pasti tau ikatan penjual di pasar tradisional sangat erat dengan langganannya. Sistem drainasenya ditata dengan baik, kemudian didesain agar pemeliharaannya juga mudah.
Dalam perencanaan awal yang perlu diperhatikan adalah Layout, tujuannya yaitu memberikan kenyamanan terutama pada alur sirkulasi, baik sirkulasi bagi orang maupun kendaraan. Pasar harus dibuat hidup, dan hidupnya ditandai dengan alur sirkulasi yang berjalan dengan baik, setiap sudut pasar harus mudah ditempuh / dituju, sehingga bisa dibilang setiap toko / kios pasti dilewati oleh pengunjung / calon pembeli, jadi setiap sisi pasar harus mampu menyerap kedatangan pengunjung. Pada umumnya pedagang pasti memilih kios yang di depan karena posisi tersebut pasti paling sering dilewati oleh calon pembeli, jadi bagaimana caranya membuat muka pasar menjadi lebih banyak, caranya yaitu dengan membuat jalan keliling pasar beserta tempat parkirnya, ini akan membuat seluruh muka pasar menjadi yang terdepan, jalan keliling inipun akan memudahkan mobil pemadam kebakaran untuk menjangkau seluruh bagian bangunan jika nantinya terjadi kebakaran. Jalan masuk ke dalam pasar juga dibuat cukup atau lebih banyak, sehingga dapat dimasuki dari segala arah, atau jika ada kebakaran maka tersedia cukup jalan untuk melarikan diri ke luar bangunan.
Atap bangunan yang dibuat satu-kesatuan dan bebas kolom akan membuat sirkulasi di dalam bangunan lebih leluasa, namun tidak lupa memberi jalur sirkulasi udara pada atap juga memberi ruang pada atap untuk pencahayaan alami, bisa dengan mengganti sebagian bahan atap dengan yang lebih transparan. Lantai yang dilapis bahan keramik membuatnya mudah dibersihkan, begitupun meja-meja kios / los dipasangi keramik juga agar mudah dibersihkan dan lebih awet.
Jalan utama dipisahkan dengan jalan milik pasar, supaya tidak terjadi kemacetan di jalan utama, ruang parkir yang cukup di areal pasar juga sangat penting untuk menjaga kelancaran sirkulasi kendaraan.
Dengan berbekal konsep di atas, maka dihasilkan desain Pasar Modern Kalisat sebagai berikut:
Entrance Area :
eksisting pasar kalisat - area masuk (entrance)
Eksisting
Pasar Kalisat_09 (2009.05.23) - entrance area
Hasil Desain
Daerah Pertigaan 1 :

eksisting pasar kalisat pertigaan1
Eksisting
Pasar Kalisat_05 (2009.05.23)
Hasil Desain
Daerah Pertigaan 2 :

eksisting pasar kalisat pertigaan2
Eksisting
Pasar Kalisat_11 (2009.05.23)
Hasil Desain
Exit Area :

eksisting pasar kalisat - area keluar (exit)
Eksisting
Pasar Kalisat_12 (2009.05.23) - exit areaHasil Desain
Icon Pasar :
Papan nama pasar bisa jadi sebagai icon pasar, letaknya diantara 2 bangunan utama pasar. Karena pasar ini lumayan besar dan juga mempunyai 2 jenis kios yang berbeda, yaitu Los Basah dan Los Kering maka perlu dipisah dengan jelas areanya, sehingga tercipta barier ditengahnya yang juga berfungsi sebagai double way.

Pasar Kalisat_10 (2009.05.23) Pasar Kalisat_13 (2009.05.23) - gerbang
Pasar Kalisat_08 (2009.05.23)
Begitupun jalan-jalan masuk ke dalam bangunan pasar juga dibuat berbeda, ini juga merupakan icon atau penanda bagi fungsinya.
Kantor Pasar :

Pasar Kalisat_14 (2009.05.23) - kantor pengelola
Pasar Kalisat_15 (2009.05.23) - kantor pengelola
Los Basah :
Pasar Kalisat_16 (2009.05.23) - los basah
Los Kering / Kios :


Pasar Kalisat_18 (2009.05.23) - kios

sumber http://www.arsiteka.com/
Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Daftar Isi

Recent Post

Download Gratis

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Blogs Aksara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger